Genjot Produksi Mini LED, Apple Gelontorkan Rp 2,9 Triliun

Genjot Produksi Mini LED, Apple Gelontorkan Rp 2,9 Triliun

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 02 Jul 2021 13:50 WIB
iPad Pro
Foto: dok Apple
Jakarta -

Apple bakal menginvestasikan USD 200 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun untuk menggenjot produksi panel mini LED.

Panel mini LED adalah panel yang dipakai di iPad Pro 2021 12,9 inch, yang kabarnya punya permintaan pasar tinggi. Lalu Apple pun berencana menggunakan panel ini di produk lainnya.

Menurut laporan DigiTimes, Apple menghabiskan ratusan juta dolar untuk membeli peralatan produksi mini LED. Peralatan tersebut bakal dipakai oleh Taiwan Surface Mounting Technology (TSMT), yang merupakan penyuplai tunggal panel mini LED yang dipakai Apple.

Dalam laporan tersebut juga disebutkan kalau Apple sangat kesulitan memenuhi permintaan pasar untuk iPad Pro 2021 12,9 inch, yang menggunakan panel mini LED itu.

Selain iPad Pro, Apple juga kabarnya bakal merilis MacBook Pro anyar yang punya layar 14 dan 16 inch dengan teknologi mini LED. Selain itu Apple juga akan menggunakan mini LED di iPad mini 6 serta iPad termurah.

Dengan investasi USD 200 juta ini Apple berharap TSMT bisa meningkatkan produksi panel mini LED-nya sebanyak 700 ribu sampai 800 ribu panel per bulannya, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (2/7/2021).

Panel mini LED punya keunggulan (dan kelemahan) dibanding panel LED biasa. Keunggulan adalah panel ini punya pencahayaan per zona, yang bisa membuat tingkat kontras lebih tinggi.

Namun kelemahannya, karena panel ini punya ribuan mini LED yang tersebar di layar, proses produknya menjadi lebih rumit serta biaya produksi yang lebih tinggi. Lalu ada juga kelemahan yang kabarnya muncul di iPad Pro, yaitu efek halo yang muncul dalam kondisi kontras tinggi, seperti menampilkan teks warna putih dalam latar berwarna hitam.

Untuk memecahkan masalah ini, kabarnya Apple akan beralih menggunakan panel OLED untuk perangkat iPad dan panel mini LED ini akan dipakai di jajaran MacBook. Pasalnya masalah mini LED tersebut tak muncul dalam ukuran layar yang lebih besar, dan harganya tetap lebih murah ketimbang panel OLED.



Simak Video "Apple Rilis iPad Pro Terbaru, Apa yang Berbeda dari Sebelumnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)