iPhone 13 Tanpa Dibungkus Plastik Lanjutkan Tradisi Apple

iPhone 13 Tanpa Dibungkus Plastik Lanjutkan Tradisi Apple

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 22 Sep 2021 07:49 WIB
Bocoran kemasan iPhone 13
Kemasan iPhone 13 tanpa plastik. Foto: Twitter
Jakarta -

Kemasan iPhone 13 bakal dipasarkan tanpa pembungkus dari plastik dengan alasan agar lebih ramah lingkungan. Hal ini sekaligus melanjutkan kebiasaan Apple mengurangi beberapa item di kemasan iPhone ataupun di ponselnya sendiri terkait beberapa faktor.

Tahun silam, Apple juga mengurangi dua item penting di kemasan iPhone 12. Ponsel 5G pertama dari iPhone ini dijual tanpa charger dan earphone kabel.

Kebijakan baru ini dilakukan untuk memotong biaya produksi dan menekan harga iPhone 12. Karena tidak lagi disediakan dalam kotak penjualan, pengguna iPhone baru harus membeli EarPods dan adapter charger secara terpisah.

Waktu itu, Vice President Environmental, Social and Policy Initiatives Apple Lisa Jackson mengatakan selain memangkas biaya produksi, kebijakan baru ini juga akan membuat Apple menjadi lebih ramah lingkungan karena mengurangi limbah.

"Kami berharap orang lain akan mengikuti, membuat dampak ini semakin besar bagi planet kita," kata Jackson tentang upaya Apple mengurangi emisi karbon.

Kini alasan yang sama juga digulirkan Apple sebagai penyebab dihilangkannya pembungkus plastik pada boks iPhone 13. "Kemasan yang didesain ulang ini menghilangkan plastik pembungkus di bagian luar, menghindari penggunaan 600 metrik ton plastik dan membawa Apple lebih dekat pada tujuannya menghilangkan plastik

Hilangnya charger dan earphone di iPhone 12 sendiri sempat banyak dicemooh, tapi akhirnya banyak vendor mengikuti langkah Apple. Jadi mungkin juga yang terjadi pada iPhone 13, akan ada produsen ponsel yang turut melenyapkan kemasan plastik pembungkus.

Apple memang cukup menjadi trendsetter soal 'hilang menghilangkan'. Pada iPhone 7, mereka juga menghapus colokan headphone standar yang sekarang telah menjadi sesuatu yang sangat umum.



Simak Video "Paling Ditunggu, Inilah Hands On iPhone 13 Pro Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)