5 Fitur HP Android yang Bikin iPhone 13 Terasa Jadul

5 Fitur HP Android yang Bikin iPhone 13 Terasa Jadul

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 16 Sep 2021 20:15 WIB
iPhone 13 Pro
5 Fitur HP Android yang Absen di iPhone 13 Foto: Apple
Jakarta -

iPhone 13 diluncurkan dengan beberapa peningkatan yang terbilang minimalis, seperti kamera yang lebih canggih, baterai yang lebih awet, dan memori internal yang lebih besar. Tapi ponsel flagship Apple ini masih ketinggalan beberapa fitur yang sudah ada di ponsel Android sejak lama.

Misalnya, ponsel flagship Android saat ini sudah lama menanggalkan desain notch dan beralih ke desain punch hole bahkan kamera bawah layar. Sementara itu iPhone 13 masih menggunakan notch untuk menempatkan kamera depan dan sensor Face ID.

Selain desain bebas notch, ada beberapa fitur ponsel Android lainnya yang tidak ditemukan di iPhone 13. Berikut ini daftarnya, seperti dikutip dari Cnet, Kamis (16/9/2021).

Always-on display

Ponsel Android yang mengadopsi fitur always-on display semakin banyak, mulai dari ponsel Google, Samsung, Oppo, Huawei, dan lain-lain. Fitur ini memungkinkan pengguna mengecek informasi seperti jam, kalender, notifikasi dan lain-lain tanpa perlu mengaktifkan layar ponsel.

iPhone 13 sempat dirumorkan akan mengusung fitur always-on display, tapi rupanya ini hanya rumor yang tidak menjadi kenyataan. Setidaknya iPhone 13 kini sudah dilengkapi dengan refresh rate 120Hz dan dengan teknologi LTPO.

Sensor sidik jari bawah layar

iPhone 13 mengandalkan Face ID sebagai fitur keamanan ponsel yang utama. Tapi di tengah pandemi yang mengharuskan banyak orang mengenakan masker, menggunakan sistem seperti Face ID tentu jadi lebih rumit.

Di sisi lain, ponsel Android masih setia menggunakan sensor sidik jari untuk mengamankan ponsel. Ponsel-ponsel Android yang menggunakan panel OLED bahkan memiliki sensor sidik jari bawah layar.

Kabarnya iPhone 14 yang meluncur tahun depan akan mulai menggunakan Touch ID bawah layar. Tapi tentu saja kita harus menunggu satu tahun lagi untuk mengetahui kepastian kabar itu.