Windows 11 Belum Bisa Jalankan Aplikasi Android Saat Peluncuran

Windows 11 Belum Bisa Jalankan Aplikasi Android Saat Peluncuran

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 02 Sep 2021 14:35 WIB
Windows 11
Windows 11 Belum Bisa Jalankan Aplikasi Android Saat Peluncuran Foto: dok Microsoft
Jakarta -

Salah satu fitur baru yang dinanti dari Windows 11 adalah kemampuan mengakses aplikasi Android di desktop. Sayangnya Windows 11 tidak akan langsung mendukung fitur ini saat diluncurkan untuk publik.

Microsoft mengatakan baru akan meluncurkan preview fitur ini dalam beberapa bulan ke depan. Padahal Windows 11 dijadwalkan dirilis untuk semua pengguna pada 5 Oktober mendatang.

"Kami berharap dapat melanjutkan perjalanan kami membawa aplikasi Android ke Windows 11 dan Microsoft Store lewat kolaborasi kami dengan Amazon dan Intel; Ini akan mulai dengan preview untuk Windows Insider dalam beberapa bulan ke depan," kata General Manager of Windows Marketing Microsoft Aaron Woodman, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (2/9/2021).

Meski belum diungkap secara spesifik, kemungkinan fitur ini baru akan hadir pada tahun 2022 karena Microsoft baru akan mengujinya dengan anggota Windows Insiders terlebih dulu sebelum menggulirkannya ke lebih banyak pengguna beberapa bulan setelahnya.

Microsoft pertama kali mengumumkan dukungan aplikasi Android untuk Windows 11 pada bulan Juni. Aplikasi Android ini ditawarkan lewat kemitraan dengan Amazon dan bisa diunduh pengguna lewat Microsoft Store.

Tidak hanya itu, Microsoft juga akan memperbolehkan pengguna melakukan sideloading atau menginstal aplikasi dari sumber pihak ketiga untuk aplikasi Android dan layanan Google yang tidak tersedia di Microsoft Store.

Meski aplikasi Android belum bisa langsung dijalankan, Microsoft mengatakan fitur baru Windows 11 lainnya akan tersedia saat peluncuran seperti menu Start baru, Snap Layouts, Desktops, Microsoft Teams yang terintegrasi, dan Microsoft Store baru.

Windows 11 sendiri akan diluncurkan pada 5 Oktober mendatang dan bisa diunduh oleh semua pengguna Windows 11 secara gratis. Microsoft mengatakan mereka akan menawarkan upgrade Windows 10 ke Windows 11 secara gratis sampai pertengahan 2022.



Simak Video "Siap-siap! Windows 11 Akan Tersedia 5 Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)