Smart TV Samsung Bisa Dikunci dari Jarak Jauh Bila Digondol Maling

Smart TV Samsung Bisa Dikunci dari Jarak Jauh Bila Digondol Maling

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 30 Agu 2021 09:20 WIB
samsung tv
Smart TV Samsung. Foto: Fino Yurio Kristo/detikINET
Jakarta -

Para maling harus pikir ulang kalau mencuri smart TV Samsung. Sebab raksasa teknologi asal Korea Selatan itu menyematkan fitur yang membuat perangkat televisi pintarnya dapat dikunci dari jarak jauh bila digondol pencuri.

Diberi nama Samsung TV Block, fitur tersebut pertama kali diumumkan awal Agustus ini menyusul serangkaian penjarahan gudang yang dipicu kerusuhan di Afrika Selatan. Disebutkan kalau teknologi tersebut sudah disematkan pada semua produk.

Adanya fitur tersebut untuk memastikan bahwa televisi hanya digunakan oleh pemilik yang sah dengan bukti pembelian yang sah pula.

Cara kerja Samsung TV Block ini sama seperti ponsel. Ketika televisi yang dicuri terhubung dengan internet, nomor seri televisi akan melakukan ping ke server Samsung. Hal tersebut memicu mekanisme pemblokiran yang secara efektif menonaktifkan semua fungsi TV.

Kendati dalam pengumumannya Samsung hanya menyebutkan fungsi pemblokiran terkait TV yang telah dicuri dari inventaris perusahaan, perlindungan ini dapat diterapkan pada setiap pelanggan yang TV-nya telah dicuri dan melaporkan nomor seri perangkatnya untuk Samsung.

Namun, belum ada kabar apakah Samsung berencana memberikan kemampuan pemblokiran jarak jauh kepada individu yang TV-nya telah dicuri dan ingin menonaktifkannya sendiri, daripada membiarkan perusahaan mengaturnya sendiri.

Samsung hanya memastikan bilamana TV seseorang diblokir secara tidak sengaja, fungsi dapat dipulihkan segera setelah pengguna dapat menunjukkan bukti pembelian yang sah.



Simak Video "Samsung: Kontribusi Ponsel 5G di Indonesia Sudah Capai 16%"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)