Android 13 Bakal Dinamakan Tiramisu?

Android 13 Bakal Dinamakan Tiramisu?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 28 Jul 2021 15:10 WIB
FILE PHOTO: A 3D printed Android mascot Bugdroid is seen in front of a Google logo in this illustration taken July 9, 2017. Picture taken July 9, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration - RC1B112FBA80/File Photo
Foto: Dado Ruvic/Reuters
Jakarta -

Google memang sudah mengubah skema penamaan Android, dari nama-nama makanan penutup menjadi angka. Namun secara internal, mereka tetap menggunakan kode nama makanan penutup.

Nah, untuk Android 13, kabarnya Google sudah menentukan nama makanan penutup sebagai kode internal, yaitu Tiramisu, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (28/7/2021).

Dalam sebuah pesan yang ditemukan XDA Developers di deretan kode Android 13, tertulis 'Rename T to Tiramisu'. Menurut XDA, ini adalah pertama kalinya penyebutan nama makanan penutup untuk Android 13, yang bakal dirilis pada 2022 mendatang.

Sebelum Android 10, Google menggunakan penamaan yang berisi angka dan nama makanan penutup untuk setiap versi Android. Misalnya Android 4 Ice Cream Sandwich, 4.1 Jelly Bean, 4.4 KitKat, dan seterusnya.

Namun mereka tak lagi menggunakan skema penamaan itu sejak Android 10, yang dilakukan karena sulit menemukan nama makanan penutup dengan huruf 'Q' yang mudah dilafalkan. Sejak itulah Android hanya menggunakan angka untuk menunjukkan versinya.

Google menganggap penamaan Android yang tak lazim atau bahkan sulit dilafalkan di beberapa negara, termasuk di negara dengan jumlah pengguna Android yang sangat banyak seperti India dan Brasil.

Penggunaan nama makanan penutup dalam bahasa Inggris, menurut VP product management Android Sameer Samat, akan menjauhkan citra Android dari pengguna di negara tertentu. Bahkan seringkali nama Android sebelumnya sulit diucapkan oleh penggunanya yang berasal dari regional tertentu.

Namun secara internal Google sebenarnya tetap menggunakan kode nama dari makanan penutup. Seperti Android 10 yang secara internal dikenal dengan nama Quince Tart, Android 11 bernama Red Velvet Cake, dan Android 12 -- saat ini masih beta -- bernama Snow Cone.

Penamaan untuk Android 13 sendiri sebenarnya ada beberapa pilihan. Tiramisu mungkin adalah pilihan yang bagus karena cukup terkenal. Namun ada juga 'Twix', nama cemilan coklat seperti 'KitKat'



Simak Video "Deretan Ponsel yang Bisa Install Android 12"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)