Intip Rahasia OPPO Reno6 Hasilkan Video Sinematik Bak Profesional

Intip Rahasia OPPO Reno6 Hasilkan Video Sinematik Bak Profesional

Yudistira Imandiar - detikInet
Selasa, 13 Jul 2021 20:14 WIB
OPPO Reno6
Foto: Dok. OPPO Indonesia
Jakarta -

OPPO Reno6 akan segera hadir di Indonesia. Smartphone ini digadang-gadang memiliki kemampuan perekaman video setara profesional. Video sinematik dengan latar belakang bokeh presisi dapat dihasilkan oleh kamera OPPO Reno6. Hal itu dimungkinkan dengan adanya fitur Bokeh Flare Portrait Video pada kamera OPPO Reno6.

Bokeh Flare Portrait Video, OPPO Reno6 akan menggunakan AI deep learning untuk memilah frame-by-frame dari video untuk membedakan subjek dengan latar belakang. Adapun sistem ini diklaim dapat melakukan segmentasi subjek manusia dengan akurat dan real-time 360 derajat.

Setelah subjek dan background dikenali, sistem menjalankan rendering pengoptimalan tingkat pixel. Untuk mempertahankan warna asli gambar subjek, pemrosesan warna dan kecerahan khusus dilakukan pada tingkatan pixel. Di saat yang bersamaan, latar belakang subjek diburamkan, mendapatkan peningkatan saturasi, serta penyesuaian warna menggunakan teknik computational vision.

Kemampuan fitur Bokeh Flare pada ponsel OPPO Reno6 disebut mendekati kualitas efek bokeh yang hanya bisa dicapai oleh lensa kamera aperture besar kamera DSLR. Nantinya ukuran dan kecerahan lampu bokeh akan berubah selama proses perekaman sesuai dengan pergerakan kamera dan perubahan kedalaman.

OPPO mengklaim video portrait dari OPPO Reno6 tetap jelas meski di malam hari. Ini berkat fitur AI Highlight Video yang secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan membantu membuat video potret yang lebih jelas, cerah, dan hidup.

Algoritma Ultra Night Video akan secara otomatis diaktifkan saat mengambil gambar dengan AI Highlight Video, untuk meningkatkan kecerahan dan mengembalikan warna asli. Tekstur video akan terlihat lebih detail, bahkan pada area-area lingkungan atau ruangan yang lebih gelap.

Di malam hari, OPPO Reno6 membuat kilauan lampu pada latar belakang subjek menjadi efek cahaya yang memukau dalam visual video yang dihasilkan. Hasilnya akan terlihat subjek dikelilingi gemerlap cahaya warna-warni nan indah.

Kamera OPPO Reno6 juga memiliki kemampuan Portrait Beautification Video. Fitur ini memberikan efek beautifikasi yang halus dan alami untuk video potret melalui pengenalan hingga 193 titik wajah. Fitur Portrait Beautification Video dapat mencocokkan warna kulit wajah dengan leher dan lengan, dan mencerahkan mata agar terlihat lebih menawan.

Kemampuan pengambilan video portrait itu tak terlepas dari peningkatan OPPO Full Dimension Fusion Portrait Video System, serta didukung dengan teknologi AI terkini. OPPO terus meningkatkan kemampuan fotografi komputasi hingga ke level videografi komputasional dalam perangkat-perangkat yang dihadirkan.

Kemampuan perangkat keras plus algoritma resolusi super pada OPPO Reno6 mampu menghasilkan foto beresolusi hingga 108MP. Gambar yang dihasilkan akan terlihat jelas dan tajam saat diperbesar.

Desain dan Layar

OPPO Reno6 mengadopsi desain Reno Glow seperti pendahulunya. Bedanya, OPPO meningkatkan teknik ini pada perangkat Reno6 dengan 5 lapisan Diamond Spectrum.

Desain tersebut mampu memancarkan jutaan warna, berkali lipat dari ribuan warna yang dihasilkan dari 3 tiga lapisan Diamond Spectrum pada OPPO Reno5. Perangkat OPPO Reno6 memiliki body tipis dan ringan. Ketebalannya dibuat 7,8 mm, dengan bobot 173 gram.

Akan ada dua pilihan warna perangkat, yakni Aurora dan Stellar Black.

Oppo Reno6 mengusung layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+. Aplikasi desain punch hole kamera depan di kiri atas layar, membuat rasio screen to body mencapai 91,7%.

Ponsel ini diberikan dukungan refresh rate 90Hz dan touch response hingga 180Hz. Layar Oppo Reno6 ini sudah mengantongi sertifikat SGS Eye Care Display.

Oppo Reno6 dibekali baterai berkapasitas 4.310 mAh. Terdapat fitur pengisian cepat 50W yang menjanjikan baterai penuh hanya dalam waktu 45 menit saja.

Selain itu ada fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby. Kedua fitur ini membantu memaksimalkan baterai terakhir ketika sangat dibutuhkan.

Jangan lewatkan keseruan malam peluncuran perangkat terbaru dari OPPO yang meriahkan oleh Cinta Laura, Morgan, Robby Purba, Billy Davidson dan Angga Yunanda dalam OPPO Reno6 Online Launch Event, tanggal 15 Juli 2021 pukul 19:00 WIB di sosial media dan YouTube OPPO Indonesia. Saksikan acara & dapatkan kesempatan untuk menangkan OPPO Reno6, OPPO Enco Air & OPPO Enco Buds!

(mul/fay)