Evolusi 35 Tahun, dari Windows 1 ke Windows 11

Evolusi 35 Tahun, dari Windows 1 ke Windows 11

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 27 Jun 2021 06:15 WIB
Windows 11
Foto: dok Microsoft
Jakarta -

Sudah 35 tahun sistem operasi Windows hadir di muka Bumi ini. Sejak kehadirannya 1985 sebanyak 16 versi telah dirilis Microsoft, dimulai dari Windows 1 hingga yang paling baru diumumkan Windows 11.

Setiap versi selalu membawa sejumlah perubahan. Tidak saja tampilannya dipoles, sederet fitur baru disematkan oleh perusahaan yang didirikan Bill Gates dan Paul Allen itu.

detikINET mengajak kamu melihat kembali sejarah singkat Windows dari awal hingga terbaru mengacu dari berbagai sumber:

Windows 1

Windows 1 dirilis pada November 1985. Ini adalah sistem operasi komputer berbasis Graphical User Interface (GUI) yang pertama dibuat Microsoft.

Menggunakan tampilan bitmap (device independent bitmap atau disingkat DIB) dan menambahkan mouse sebagai satu lagi perangkat yang dapat digunakan untuk mengoperasikan Windows.

Evolusi desain Microsoft WindowsWindows 1 Foto: The Verge

Sistem operasi ini juga mendukung multitasking antar banyak program. Ini peningkatan yang cukup penting dibandingkan dengan DOS yang hanya dapat menjalankan satu program saja pada satu waktu.

Microsoft mengintegrasikan banyak program tambahan, seperti Microsoft Paintbrush, Write, Notepad, Calendar, Calculator, CardFile, dan juga Clipboard. Game yang disediakan hanya satu, yakni Reversi.

Windows 2

Evolusi desain Microsoft WindowsWindows 2 Foto: The Verge

Dua tahun setelah rilis Windows 1, Microsoft menggantikannya dengan Windows 2 yang dirilis pada Desember 1987. Perubahan besar dibawa oleh sistem operasi ini.

Jendela aplikasi kini dapat saling tumpang tindih. Selain itu Microsoft memperkenalkan kemampuan untuk meminimalkan atau memaksimalkan jendela.

Dihadirkan Control Panel tempat berbagai pengaturan sistem dan opsi konfigurasi. Fitur ini masih dipertahankan hingga kini.

Microsoft Word dan Excel memulai debut penampilan pertamanya di Windows 2.

Windows 3

Evolusi desain Microsoft WindowsWindows 3 Foto: The Guardian

Windows 3 dirilis pada 1990 dan menjadi sistem operasi Microsoft pertama yang sukses secara komersial. Karenanya Windows 3 dianggap penantang Apple Macintosh.

Sistem operasi ini membawa perbaikan yang signifikan dari versi sebelumnya. Tampilan antarmukanya terlihat jauh lebih bagus, dan untuk pertama kalinya pengguna dapat mengubah warna background.

Ini juga merupakan versi pertama Windows yang dilengkapi Solitaire.

Windows 3.1

Evolusi desain Microsoft Windows Windows 3.1 Foto: The Verge

Windows 3.1 dirilis pada tahun 1992. Sistem operasi ini membawa peningkatan signifikan dari Windows 3.0.

Microsoft memberikan dukungan untuk font TrueType yang memberikan rendering font yang lebih realistis karena merupakan font outline yang dapat diskalakan ke ukuran titik apa pun.

Dukungan multimedia yang lebih luas, demikian pula dukungan untuk dokumen gabungan OLE (dokumen yang menggabungkan elemen dari program yang berbeda).

Minesweeper juga membuat penampilan pertamanya. Windows 3.1 membutuhkan 1MB RAM untuk menjalankan dan mengizinkan program MS-DOS yang didukung untuk dikontrol dengan mouse untuk pertama kalinya.

Windows 3.1 juga merupakan Windows pertama yang didistribusikan dalam CD-ROM, meskipun setelah diinstal pada hard drive hanya membutuhkan 10 hingga 15MB.

Windows NT 3.5

Evolusi desain Microsoft WindowsMicrosoft NT Foto: The Verge

Windows NT 3.5 adalah versi kedua NT yang diluncurkan dan menandai upaya Microsoft merambah komputer bisnis dengan fitur keamanan dan berbagi file yang penting. Sistem operasi yang diluncurkan tahun 1994 ini juga mendukung TCP/IP, protokol jaringan komunikasi yang kita gunakan untuk mengakses internet saat ini.

Selanjutnya Windows 95

Simak video 'Internet Explorer Tak Lagi Hadir di Windows 11':

[Gambas:Video 20detik]