Apple Dituding Kurangi Kinerja Baterai iPhone Jadul Lewat Update iOS

Apple Dituding Kurangi Kinerja Baterai iPhone Jadul Lewat Update iOS

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 21 Jun 2021 09:15 WIB
iPhone 6
iPhone 6. Foto: Getty Images
Jakarta -

Apple kembali harus menghadapi gugatan dari konsumen. Kali ini raksasa teknologi asal Cupertino itu dituding sengaja meluncurkan update iOS untuk mengurangi kinerja dan masa pakai baterai di iPhone jadul.

Gugatan tersebut menyatakan bahwa banyak pengguna iPhone mengalami keterbatasan kinerja dan menguras baterai lebih cepat dari versi iOS sebelumnya setelah melakukan upgrade ke iOS 14.5, iOS 14.5.1, dan iOS 14.6.

Penggugat coba memperlihatkan hubungan antara masa pakai baterai yang berkurang dan bug dalam perangkat lunak, serta untuk membuktikan keusangan yang direncanakan pada iPhone.

Tercatat adanya penurunan kinerja perangkat menjelang peluncuran produk baru. Kondisi ini memungkinkan Apple untuk meningkatkan permintaan iPhone baru dengan kinerja dan daya tahan baterai yang lebih baik.

Penggugat menuntut pengadilan menerbitkan larangan atas tindakan Apple yang memperlambat iPhone jadul. Mereka juga menuntut adanya kompensasi atas kerusakan yang dituduhkan.

Keluhan lain yang disampaikan penggugat menyebutkan kalau Apple tidak mengizinkan pengguna untuk menginstal patch keamanan iOS tanpa memutakhirkan ke versi sistem operasi baru. Soal ini, perusahaan yang dikomandoi Tim Cook itu telah mengumumkan akan segera mengubah kebijakan tersebut. Hanya saja Apple belum mengomentari gugatan baru ini, demikian dilansir dari Gizchina.



Simak Video "Apple Dikabarkan Sedang Buat iPhone Layar Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)