Smartwatch Facebook Dirumorkan Rilis Tahun Depan

Smartwatch Facebook Dirumorkan Rilis Tahun Depan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 10 Jun 2021 15:43 WIB
Jakarta -

Facebook dikabarkan sedang mengembangkan smartwatch pertamanya. Walau belum dikonfirmasi langsung oleh Facebook, jam tangan pintar ini disebut akan diluncurkan musim panas tahun depan.

Berdasarkan laporan The Verge, smartwatch Facebook akan memiliki display dengan dua kamera, fitur kesehatan, dan messaging. Kamera depannya bisa digunakan untuk video call, sedangkan kamera belakangnya bisa digunakan untuk mengambil foto dan video saat dilepaskan dari rangka jamnya.

Kamera belakangnya akan memiliki resolusi 1080p. Jam tangannya sendiri akan memiliki rangka yang terbuat dari stainless steel dengan pilihan warna hitam, putih atau emas, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (10/6/2021).

Dua sumber yang familiar dengan proyek ini mengatakan Facebook sedang mengincar perusahaan pihak ketiga untuk membuat aksesoris untuk kamera belakang jam tersebut. Dengan begitu, pengguna bisa menempelkan kamera tersebut di tempat lain seperti tas punggung.

Pegawai Facebook berniat untuk menjual smartwatch ini dengan harga USD 400 atau sekitar Rp 5,7 juta. Tapi ada kemungkinan harga akhirnya akan berubah.

Facebook juga sedang mendekati operator di Amerika Serikat. Jadi smartwatch ini kemungkinan akan mendukung 4G atau 5G sehingga bisa digunakan tanpa perlu terhubung dengan ponsel.

Smartwatch ini dikembangkan sebagai bagian dari rencana CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk menjauh dari Apple dan Google yang semakin mengutamakan privasi pengguna. Dengan jam tangan ini, Facebook bisa mengumpulkan lebih banyak data pengguna tanpa terikat aturan Apple dan Google.

Tapi sepertinya Facebook masih akan berhubungan dengan Google karena smartwatch ini akan menggunakan Android versi custom dan akan mengandalkan aplikasi yang telah ada di platform Google untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Karena ini merupakan smartwatch pertamanya, Facebook memasang target penjualan di angka ratusan ribu unit. Jumlah tersebut sangat kecil dibandingkan 34 juta unit Apple Watch yang terjual tahun lalu.

Facebook sepertinya cukup percaya diri dengan gadget ini karena sudah mulai mengembangkan generasi kedua dan ketiganya. Di masa depan, smartwatch ini rencananya bisa digunakan sebagai perangkat input untuk kacamata augmented reality yang sedang dikembangkan Facebook.

Facebook belum memberikan komentarnya tentang rumor smartwatch ini. Dalam cuitannya, VP Reality Labs Facebook Andrew Bosworth tidak mengonfirmasi namun juga tidak membantah kabar ini.

"Kami mengatakan kami ingin kacamata AR menjadi benar-benar berguna - kami berinvestasi dalam teknologi yang akan membuat interaksi itu terasa lebih alami dan intuitif," kata Bosworth di Twitter.

"Ini termasuk penelitian seperti EMG, haptics, antarmuka adaptif yang bisa hadir dalam form factor yang berbasis di pergelangan tangan," pungkasnya.

(vmp/fay)