Fitur Find My di iOS 15 Bisa Cari iPhone dalam Kondisi Mati

Fitur Find My di iOS 15 Bisa Cari iPhone dalam Kondisi Mati

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 10 Jun 2021 06:15 WIB
iOS 15
Fitur Find My di iOS 15 Bisa Cari iPhone dalam Kondisi MatiFoto: Apple
Jakarta -

Apple mengenalkan banyak fitur baru yang akan hadir di iOS 15. Beberapa fitur yang sudah ada juga mendapatkan peningkatan, salah satu fitur Find My yang bisa digunakan untuk mencari perangkat yang hilang, seperti iPhone atau AirPods.

Dengan update terbaru ini, fitur Find My bisa mencari iPhone dengan lebih mudah, bahkan saat perangkat tersebut mati karena kehabisan baterai atau sudah di-factory reset oleh pencuri.

Dalam screenshot yang dibagikan oleh 9to5Mac, terlihat notifikasi yang mengatakan bahwa iPhone dalam keadaan mati atau dalam mode power reserve tetap akan bisa ditemukan menggunakan fitur Find My.

Tidak diketahui bagiaimana fitur ini bisa tetap berfungsi saat iPhone sudah mati, dan Apple pun tidak memberikan penjelasan. Tapi sepertinya dengan update iOS 15, iPhone tidak akan benar-benar mati tapi berpindah ke mode low-power seperti AirTag.

Kondisi ini memungkinkan perangkat iOS di dekatnya untuk menerima sinyal Bluetooth dan mengirimkan lokasi ke pengguna. Tapi pengguna tetap bisa mematikan iPhone sepenuhnya dengan masuk ke Settings dan mematikan mode low-power Find My.

Selain itu, Apple juga memberikan perlindungan ekstra bagi pengguna iPhone jika ponsel mereka dicuri, di-factory reset, dan dijual ke orang lain. Hal ini dimungkinkan dengan mengaktifkan fitur Activation Lock.

"Untuk memastikan bahwa tidak orang yang tertipu untuk membeli perangkat Anda, layar Hello akan dengan jelas menunjukkan bahwa perangkat Anda dikunci, bisa ditemukan, dan tetap milik Anda," jelas Apple, seperti dikutip dari ZDNet, Rabu (9/6/2021).

Apple juga akan memberikan peringatan kepada pengguna iPhone jika perangkat yang terhubung seperti AirTag atau AirPods tertinggal. Nantinya pengguna bisa menemukan gadget yang ketinggalan menggunakan fitur Find My.

Jaringan Find My untuk AirPods Pro dan AirPods Max juga ditingkatkan agar kedua wearable ini lebih mudah ditemukan. Jika pengguna sudah berada di jangkauan Bluetooth, mereka bisa memilih opsi 'Play Sound' agar kedua gadget itu mengeluarkan suara.



Simak Video "Daftar iPhone dan Cara Download iOS 15"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)