iPhone 6S yang Berusia 6 Tahun Masih Dapat iOS 15, Tapi...

iPhone 6S yang Berusia 6 Tahun Masih Dapat iOS 15, Tapi...

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 09 Jun 2021 14:46 WIB
iPhone 6S
iPhone 6S. Foto: Apple
Jakarta -

Sempat diprediksi tak masuk daftar, iPhone 6S dan iPhone 6S Plus dipastikan mendapatkan iOS 15. Padahal usia ponsel tersebut sudah menginjak enam tahun.

Enam tahun merupakan rentang hidup yang sangat lama untuk perangkat smartphone. Karena itu menjadikan iPhone 6S dan 6S Plus sebagai ponsel dengan dukungan update terlama hingga saat ini.

Jangan dibandingkan dengan perangkat Android. Meski Samsung membuat langkah baru dengan memberikan update keamanan hingga empat tahun untuk sejumlah ponselnya, rata-rata vendor smartphone Android memberikan dukungan 2-3 tahun.

Kembali ke iPhone 6S dan 6S Plus, meski kedua ponsel ini mendapatkan iOS 15, ada tapinya nih yaitu tidak semua fitur baru bisa dicicipi. Sebab fitur tersebut tidak dapat dijalankan dengan chip Apple A9.

Adapun fitur iOS 15 yang tidak berjalan di iPhone 6S dan 6S Plus meliputi Live Text yang fungsinya mirip Google Lens. mode portrait di FaceTime, dan petunjuk arah berjalan yang imersif di Maps. Semua fitur tersebut memerlukan chip minimum A12 Bionic yang mentenagai iPhone XS dan XR.

Pun begitu pemilik iPhone 6S dan 6S Plus masih bisa mencicipi fitur baru iOS 15 lainnya, seperti Notification Summary dan Focus. Mereka pun dapat berbagi video dan musik di FaceTime, serta paling penting fitur privasi dan keamanan.

iphone 6siphone 6S Plus dan iPhone 6S. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

Sedikit flashback, Apple meluncurkan iPhone 6S dan 6S Plus pada September 2015. Kedua ponsel ini memiliki tampilan yang mirip pendahulunya.

iPhone 6S punya layar 4,7 inch dengan resolusi 1.334 x 750 pixel. Sementara iPhone 6S Plus lebih lapang, ukuran layarnya 5,5 inch dengan resolusi 1920 x 1080 pixel.

Apple memodali kedua ponselnya ini dengan chip A9 yang dipadukan dengan RAM 2 GB. Ada empat pilihan memori internal yang disediakan, yaitu 16 GB, 32 GB, 64 GB dan 128 GB.

Baik iPhone 6S dan 6S Plus dibekali kamera 12 MP dengan aperture f/2.2. Sementara di bagian depan terdapat kamera selfie berukuran 5 MP.

Kedua ponsel masih membawa tombol Home yang menyatu dengan sensor sidik jari. Tidak seperti iPhone masa kini, Apple masih memasang port jack audio 3,5 mm di bagian bawahnya.

iPhone 6S dan 6S Plus hadir dalam empat warna, yakni Space Gray, Silver, Gold dan Rose Gold yang kemudian menciptakan trend warna baru di pasaran.



Simak Video "Daftar iPhone dan Cara Download iOS 15"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)