Microsoft Segera Umumkan Windows Generasi Baru

Microsoft Segera Umumkan Windows Generasi Baru

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 26 Mei 2021 22:10 WIB
NEW YORK, NY - MAY 2: A view of the new Microsoft Surface Laptop following a Microsoft launch event, May 2, 2017 in New York City. The Windows 10 S operating system is geared toward the education market and is Microsofts answer to Googles Chrome OS. (Photo by Drew Angerer/Getty Images)
Microsoft Akan Segera Umumkan Windows Generasi Baru Foto: Drew Angerer/Getty Images
Jakarta -

Microsoft baru saja membuka konferensi developer Build dengan keynote speech dari CEO Satya Nadella. Tapi Nadella tidak berbicara banyak tentang update terbaru Windows di event ini.

Rupanya Microsoft memang sengaja menyimpan pengumuman tentang Windows karena sudah menyiapkan event mengumumkan update untuk sistem operasinya secara terpisah. Nadella mengatakan ia telah menguji coba Windows generasi baru dalam beberapa bulan terakhir dan akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

"Kami akan segera membagikan salah satu update signifikan untuk Windows dalam satu dekade terakhir untuk membuka kesempatan ekonomi lebih besar bagi developer dan kreator. Saya sudah mencobanya sendiri selama beberapa bulan, dan saya sangat bersemangat dengan Windows generasi selanjutnya," kata Nadella, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (26/5/2021).

"Janji kami bagi kalian adalah: kami akan menciptakan lebih banyak kesempatan untuk setiap developer Windows saat ini dan menyambut setiap kreator yang mencari platform paling inovatif, baru, terbuka untuk membangun dan mendistribusikan dan memonetisasi aplikasi," sambungnya.

Dari pidatonya, seperti Nadella merujuk pada toko aplikasi baru untuk Windows yang sedang dikembangkan oleh Microsoft. Update ini akan membawa banyak perubahan untuk Windows Store, termasuk memudahkan developer mendaftarkan aplikasi Windows apapun seperti browser Chrome dan Firefox.

Rumor juga menyebutkan Microsoft akan mengizinkan platform pembayaran pihak ketiga di aplikasi, sehingga developer bisa menghindari komisi 15% yang diambil Microsoft setiap pembelian aplikasi, dan komisi 12% untuk game.

Selain itu, antarmuka Windows generasi baru juga akan dirombak besar-besaran. Microsoft belakangan ini sedang menyiapkan penyegaran tampilan baru untuk Windows dengan kode 'Sun Valley' yang akan menghadirkan ikon baru, desain menu Start baru, dan tampilan yang lebih modern.

Yang menarik, Nadella secara spesifik menyebut 'Windows generasi selanjutnya'. Microsoft biasanya menggunakan sebutan 'Windows 10' dan sepertinya bahasa Nadella ini mengindikasikan perubahan yang dibawa bukan hanya dari antarmuka tapi juga branding.

Teaser tentang Windows generasi baru ini diumumkan hanya seminggu setelah Microsoft mematikan Windows 10X, sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat dua layar. Perusahaan besutan Bill Gates ini akan membawa bagian terbaik dari Windows 10X ke Windows 10 versi utama.

Nadella mengatakan Microsoft akan mengumumkan update Windows terbaru dalam waktu dekat. Mengingat Windows 10 akan berusia enam tahun di bulan Juni, sepertinya update ini akan diumumkan dalam beberapa minggu ke depan.



Simak Video "Internet Explorer Tak Lagi Hadir di Windows 11"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)