Notebook dan Chromebook Axioo Dapat TKDN 43%

Notebook dan Chromebook Axioo Dapat TKDN 43%

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 26 Mei 2021 10:20 WIB
Axioo Chromebook dan Notebook
Foto: Dok. Axioo
Jakarta -

Axioo, perusahaan pembuat notebook asal Indonesia, memamerkan capaian tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) di produk buatannya.

PT Tera Data Indonusa, prinsipal Axioo, mengklaim Axioo Chromebook mendapat nilai TKDN + BMP (bobot manfaat perusahaan) sebesar 43,64%. Sementara untuk Axioo Mybook yang saat ini sudar beredar, nilai TKDN + BMP-nya adalah 43,25%.

"Kami menyambut dengan baik segala bentuk dukungan pemerintah terhadap produk buatan Indonesia dan kami akan terus mengupayakan seluruh produk Axioo memiliki nilai TKDN diatas 40%," ujar Michael Sugiarto, Dirut Tera Data Indonusa, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Hal ini tidak terlepas dari Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021, Pasal 66 yang menyatakan bahwa: Kementrian/Lembaga/Perangkat Daerah wajib menggunakan produk dalam negeri apabila terdapat produk dalam negeri yang memiliki penjumlahan nilai TKDN ditambah nilai BMP paling sedikit 40 persen.

Michael berharap upaya ini mampu memberikan kontribusi lebih besar dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Sebelumnya, Axioo baru saja mendapat lisensi dari Google untuk membuat produk Chromebook, yang dibuat untuk bisa mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Juga diilengkapi dengan Chrome Device Management, dan diklaim akan mempermudah proses belajar mengajar karena dilakukan lewat perangkat sederhana, terintegrasi, dan mudah digunakan.

Soal spesifikasi, Chromebook ini memakai prosesor Intel Celeron N4020, RAM 4GB DDR4, storage eMMC 32GB, layar 11,6 inch, USB 3.0, dan WiFi ac/b/g/n. Untuk pembuatan Chromebook ini, Axioo bekerja sama dengan Quanta Computer, salah satu produsen notebook global.

Mereka pun menjanjikan kalau produk Chromebooknya ini tak kalah berkualitas dibanding produk lain dari brand internasional. Chromebook ini menurut Axioo pun cukup praktis dan tak terlalu berat untuk dibawa-bawa karena punya pegangan.



Simak Video "Tak Hanya Smartphone, Nokia Bakal Punya Seri Laptop"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)