Bocoran Terbaru Apple Music Lossless: 1 Lagu = 145MB

Bocoran Terbaru Apple Music Lossless: 1 Lagu = 145MB

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 17 Mei 2021 11:13 WIB
NEW YORK, NY - AUGUST 02:  The Apple logo is displayed in an Apple store in lower Manhattan on August 2, 2018 in New York City. On Thursday the technology company and iPhone maker became the first American public company to cross $1 trillion in value. Apple stock is up more than 20% this year.  (Photo by Spencer Platt/Getty Images)
Foto: Spencer Platt/Getty Images
Jakarta -

Kehadiran tier lossless di Apple Music tampaknya akan terjadi dalam waktu dekat, yang terungkap dari deretan kode di Apple Music beta untuk Android.

Kehadiran paket baru Apple Music ini juga mungkin akan dibarengi dengan kemunculan AirPods 3, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (17/5/2021).

Referensi untuk paket lossless di Apple Music ini sudah muncul di aplikasi beta untuk Android, meski tentunya belum muncul untuk pengguna. Dalam deskripsi dijelaskan kalau audio lossless ini bakal menghadirkan semua detil dari file asli, dan jika dinyalakan akan mengkonsumsi data jauh lebih besar.

"File audio lossless menghabiskan tempat lebih banyak secara signifikan. Tempat 10GB kira-kira bisa menyimpan: 3.000 lagu pada kualitas tinggi, 1.000 lagu lossless, dan 200 lagu dengan hi-res lossless," tulis Apple dalam deskripsi tersebut.

Mereka pun menuliskan perkiraan penggunaan data untuk tier baru ini. Di mana lagu berdurasi 3 menit akan data sebesar 1,5MB di kualitas tinggi, 6MB di kualitas tinggi 256Kbps, 36MB di lossless 24bit/48kHz, dan 145MB di lossless 24bit/192kHz.

Namun perlu diingat, tak semua lagu bakal mempunyai versi hi res lossless. Faktor lain yang juga berpengaruh adalah kondisi jaringan, dan speaker ataupun headphone yang terhubung pada perangkat.

Deskripsi ini sudah sangat jelas menjelaskan tier lossless yang bakal ada di Apple Music. Yaitu penggunaan data yang sangat besar, dan juga kebutuhan storage yang juga sangat besar.

Kemunculan deskripsinya di Apple Music beta untuk Android juga memunculkan asumsi kalau kehadirannya akan terjadi dalam waktu dekat. Hal ini karena sebelumnya paket Apple One muncul di Android sehari sebelum pengumuman resminya.

Dalam deretan kode itu juga tertera dua opsi untuk tier lossless di Apple Music, yaitu Lossless ALAC sampai dengan 24bit/48kHz dan High-Res Lossless ALAC sampai dengan 24bit/192kHz.

Dari sini terlihat kalau Apple ingin menyamai kualitas suara yang ada di Tidal, Amazon Music HD, dan layanan streaming lain yang juga menawarkan file lagu lossless.

Sampai saat ini, layanan musik Apple -- baik iTunes maupun Apple Music -- masih mentok di bitrate 256kbps AAC. Memang, bitrate ini adalah peningkatan yang signifikan saat Apple merilis iTunes Plus pada 2007, di mana banyak orang masih menggunakan file MP3 yang terkompresi sangat tinggi, dan sebenarnya sampai saat ini pun kualitas audionya masih terbilang mumpuni.

Terlebih lagi, proses mastering lagu juga porsi cukup besar dalam menentukan kualitas lagu yang didengarkan oleh pengguna. Bagian inilah yang dijagokan Apple lewat Apple Digital Master, yang tujuannya adalah mendapatkan dynamic range dan detil sebanyak mungkin dari lagu yang dihadirkan Apple di platformnya.



Simak Video "Fitur Baru yang Ditawarkan Apple Watch Series 7"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)