Apple Music Bakal Punya Versi Lossless

Apple Music Bakal Punya Versi Lossless

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 03 Mei 2021 12:23 WIB
Logo Apple
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Dibanding kompetitornya seperti Spotify dan Tidal, Apple Music saat ini tak punya layanan streaming musik versi lossless. Namun tampaknya Apple tengah bersiap memberikan layanan tersebut.

Keberadaan Apple Music versi lossless (musik dengan bitrate lebih tinggi) ini terlihat dari iOS 14,6 beta, yang memunculkan referensi terhadap beberapa kata kunci, seperti Dolby Atmos, Dolby Audio, dan Lossless.

Dari sini diasumsikan kalau Apple bakal meluncurkan paket Apple Music baru yang menawarkan musik dengan bitrate lebih tinggi dibanding Apple Music biasa, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (3/5/2021).

Kemungkinan tier Apple Music baru ini bakal diumumkan di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021 yang digelar secara virtual pada 7 Juni mendatang, mungkin juga dirilis bersama jajaran AirPods anyar, seperti AirPods 3 dan AirPods 2 Pro.

Belum diketahui berapa tarif yang bakal dikenakan Apple untuk Apple Music Lossless ini. Namun sebagai perbandingan, saat ini tarif Apple Music biasa adalah USD 10, dan Spotify HiFi tarifnya adalah USD 15. Jadi kemungkinan tarif Apple Music Lossless akan berada di antara dua tarif tersebut.

Sebagai perbandingan, saat ini ada Amazon Music HD yang menawarkan streaming musik dengan bitrate 320 Kbps dengan tarif USD 15 per bulan. Sementara itu layanan lossless Tidal tarifnya adalah USD 20 untuk musik dengan bitrate mencapai 1.411 Kbps. Sementara Spotify HiFi sendiri belum diketahui menggunakan bitrate berapa besar.

Apple Music versi biasa mempunyai bitrate 256 Kbps, lebih rendah dibanding Spotify biasa yang bitratenya 320 Kbps. Namun banyak yang menganggap perbandingan bitrate ini tidak setara karena Apple menggunakan codec audio-nya sendiri, yaitu AAC.



Simak Video "Kenalin Apple Music TV: Acara Musik 24 Jam Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)