Xiaomi Ungkap Jadwal Peluncuran MIUI 13

Xiaomi Ungkap Jadwal Peluncuran MIUI 13

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 05 Mei 2021 19:12 WIB
Logo baru Xiaomi
Foto: Xiaomi
Jakarta -

Meskipun penyebaran MIUI 12.5 terbilang cukup lambat, Xiaomi sudah menyiapkan penerusnya, yaitu MIUI 13.

Bahkan, peluncuran MIUI 13 itu kabarnya tak akan mengalami penundaan, dan akan dipamerkan pada bulan depan, tepatnya 25 Juni. Pada awalnya, tampilan antarmuka itu hanya akan tersedia untuk pasar China, dan ke depannya baru akan tersedia secara global.

Xiaomi belum mengungkap inovasi, fitur dan teknologi apa yang akan dihadirkan di MIUI 13, begitu juga perubahan tampilan antarmukanya. Namun yang jelas Xiaomi menjanjikan kalau MIUI 13 akan lebih stabil, kencang, dan fungsional.

Biasanya peluncuran MIUI anyar dilakukan bersama pengumuman sebuah ponsel baru. Nah, untuk MIUI 13 ini diduga akan dilakukan bersamaan dengan peluncuran Mi Mix 4.

Sebelumnya, pembaruan besar untuk MIUI terjadi di MIUI 12.5. Dari segi tampilan dan desain, tak ada perubahan besar di MIUI 12.5. Namun Xiaomi lebih memoles user experience (UX) dalam pembaruan ini.

MIUI 12.5 diklaim menggunakan memori 20% lebih sedikit dan daya 25% lebih sedikit. Penggunaan memori di background juga berkurang hingga rata-rata 35%.

Xiaomi juga membanggakan MIUI 12.5 memiliki aplikasi bawaan paling sedikit jika dibandingkan dengan Apple, Huawei, Oppo, Vivo dan Meizu. Hanya ada sedikit aplikasi bawaan seperti kamera, telepon dan pengaturan serta tidak ada bloatware.

Xiaomi juga meningkatkan tingkat privasi di MIUI 12.5. Mereka telah menyiapkan beberapa fitur yang mencegah aplikasi untuk mengakses lokasi, data pribadi, data di clipboard, dan tidak akan menyimpan password atau informasi sensitif lainnya.

Salah satu fitur terbaru di MIUI 12.5 adalah MIUI+ yang bisa mengintegrasikan ponsel dengan komputer atau laptop Windows. Fungsinya kurang lebih sama seperti aplikasi Your Phone milik Microsoft yang ada di semua perangkat Windows.

Fitur ini memungkinkan pengguna melihat notifikasi ponsel mereka di laptop, menyalin teks di ponsel lalu ditempel di laptop, menampilkan screenshot ponsel langsung di laptop, mengakses dan mengedit file di ponsel langsung dari laptop, dan lain-lain.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)