Oppo Dorong Komersialisasi 5G di Indonesia Lewat HP 5G Termurah

Oppo Dorong Komersialisasi 5G di Indonesia Lewat HP 5G Termurah

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 04 Mei 2021 19:41 WIB
Oppo A74 5G
Oppo A74 5G dibanderol Rp 3 jutaan. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Oppo mendorong percepatan komersialisasi 5G di Indonesia. Upaya yang dilakukan dengan menghadirkan handphone (HP) 5G di Tanah Air.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan pihaknya akan terus menggelontorkan ponsel yang mendukung jaringan generasi kelima ke Tanah Air, meski sinyal 5G sendiri belum tersedia.

"Di luar tren ponsel 5G dan kami ingin membawa itu ke sini. Harapannya ketika jaringan 5G sudah tersedia, masyarakat sudah bisa langsung merasakan kecepatannya lewat ponsel yang digunakan," tutur Aryo.

Saat ini Oppo sudah punya empat perangkat 5G di Indonesia, salah satunya Oppo A74 5G yang dirilis April lalu. Perangkat ini adalah ponsel 5G termurah di Indonesia.

"Perangkat ini guna mendukung ekosistem 5G Indonesia sekaligus mempertegas posisi Oppo sebagai pionir teknologi 5G di Tanah Air," ujar Aryo.

Spesifikasi OppoA74 5G

Oppo A74 5G menggunakan layar LTPS LCD berukuran 6,49 inch dan resolusi Full HD+. Layarnya ini dibekali fitur Hyper-color yang membuat pengguna dapat melihat foto dan video lebih cerah dan jernih. Sebab gambar ditampilkan dalam saturasi dan akurasi warna yang lebih tajam dibandingkan dengan lini seri A sebelumnya.

Oppo A74 5GOppo A74 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Lantaran mengusung punch hole membuat rasio layar 90,5%. Oppo A74 5G juga memiliki kecepatan refresh rate 90Hz dan 180Hz touch sampling rate memberikan respons sentuhan yang lebih baik saat digunakan bermain game atau browsing.

Oppo membekali ponselnya dengan fitur All-day AI Eye Comfort yang akan mengurangi cahaya biru pada layar guna mencegah ketegangan pada mata. Sunlight Screen menawarkan visibilitas terbaik untuk layar smartphone saat berada di bawah sinar matahari terik.

Adapula fitur Moonlight Screen yang secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari. Serta AI Backlight yang dapat mempelajari kebiasaan pengguna saat menyesuaikan lampu latar dan merekam kecerahan yang disukai pengguna. Setelahnya, fitur ini dapat menyesuaikan kecerahan layar sesuai preferensi dan waktu yang dipelajari dari pengguna secara otomatis.

Ponsel dibuat dengan ketebalan bodi 8,42 mm dan berat 190 gram. Cangkang belakangnya memiliki desain 3D curved, yang memberikan kesan tipis dan modern.

Meski ponsel ini terbilang tidak begitu tebal, baterai yang tersemat di dalamnya berkapasitas 5.000 mAh. Oppo membekali fitur pengisian cepat 18W, dapat mengisi 68% hanya 60 menit.

Seperti perangkat anyar Oppo lainnya, ponsel ini diberikan fitur All-around Smart Power Saving yang membantu melakukan penghematan daya. Selain itu terdapat Super Nighttime Standby untuk mengurangi konsumsi daya ponsel dengan mempelajari kebiasaan tidur pengguna, sehingga hanya menguras 2% daya pada malam hari dalam siklus tidur 8 jam.

Oppo A74 5GOppo A74 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Untuk merekam momen, Oppo A74 5G didukung empat kamera. Komposisinya terdiri kamera utama 48MP, lensa ultra-wide 8MP, lensa mono 2MP, dan lensa makro 2MP. Sementara kamera depannya berukuran 16MP.

Oppo menambahkan fitur AI Scene Enhancement 2.0 akan mencerahkan dan meningkatkan bidikan dengan mengenali setiap skenario dan menyesuaikan saturasi warna dan kontras. Lalu fitur AI Beautification yang dapat mengidentifikasi wajah kemudian mempercantik riasan pengguna sesuai dengan lingkungan sekitarnya

Tidak ketinggalan fitur Ultra-Night Mode untuk mengakomodasi kebutuhan pengambilan foto pada malam hari. Serta Stylishing Filters mewadahi 15 filter untuk meningkatkan warna atau untuk mencerahkan kulit.

Soal dapur pacunya, Oppo A74 5G ini disokong Snapdragon 480. Chipset ini membawa peningkatan CPU dan GPU 100% dari pendahulunya. Bahkan kinerjanya diklaim setara dengan Snapdragon seri 6.

Tapi tidak hanya itu keunggulannya, chipset ini mendukung jaringan Standalone (SA) dan Non-Standalone (NSA). Sehingga pengguna untuk tetap dapat menggunakan ponsel setelah operator beralih ke jaringan SA tanpa harus membeli perangkat baru.

Oppo turut membekali Oppo A74 5G hadir dengan RAM LPDDR4X 6GB dengan penyimpanan internal 128GB. Dilengkapi pula Multi-Cooling System dengan menggunakan beberapa tabung grafit tebal. Sistem ini membuat pembuangan panas lebih efisien sekaligus memungkinkan ponsel ini untuk mengontrol suhu secara mandiri.

Oppo A74 5GOppo A74 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Spesifikasi Oppo A74 5G
Rilis:April 2021
Dimensi/Berat:162.9 x 74.7 x 8.4 mm / 190 gram
Layar:LTPS LCD 6,5 inch Full HD+, 90Hz
Chipset:Snapdragon 480
GPU:Adreno 619
RAM:6 GB
Storage Internal:128 GB
Kamera Belakang:48 MP + 8 MP (ultra-wide) + 2 MP (makro) + 2 MP (mono)
Kamera Depan:16 MP
Kartu SIM:Dual SIM + microSD
Fitur:NFC, Fingerprint (side-mounted), USB Type C
Baterai:5.000 mAh, fast chraging 18W
Konektivitas:5G, 4G, Bluetooth 5.1, WiFi
Warna:Fluid Black, Space Silver
Harga:Rp 3.699.000


Harga Oppo A74 5G

Saat ini Oppo A74 5G telah dijual secara online lewat Shopee. Ada dua varian yang dihadirkan yakni Fluid Black dan Space Silver.

Harga Oppo A74 5G di Indonesia Rp 3.699.000.



Simak Video "Ini Dia Perbedaan Spesifikasi Oppo A74 dan A74 5G!"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)