Review Oppo A74 5G, HP 5G Termurah di Indonesia Berkinerja Oke

Review Oppo A74 5G, HP 5G Termurah di Indonesia Berkinerja Oke

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 03 Mei 2021 21:42 WIB
Oppo A74 5G
Oppo A74 5G. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

April lalu Oppo mengejutkan pasar dengan merilis handphone (HP) 5G termurah di Indonesia. Perangkat tersebut diberi nama Oppo A74 5G.

HP ini disokong oleh Snapdragon 480. Itu adalah chipset terbaru untuk ponsel terjangkau yang dirilis Qualcomm guna memperluas penetrasi 5G.

Tapi sayangnya chipset ini kadung dipandang sebelah mata oleh banyak orang, karena menurut mereka Snapdragon seri 4 performanya lemot. Di lain sisi, perusahaan chip yang bermarkas di San Diego itu mengklaim Snapdragon 480 membawa peningkatan dua kali lipat dari pendahulunya, bahkan kinerjanya mirip dengan Snapdragon seri 6.

detikINET berkesempatan menjajal Oppo A74 5G ini, bagaimana kemampuan sesungguhnya? Berikut review singkatnya:

Desain

Oppo A74 5G yang detikINET review adalah varian Space Silver. HP ini menawarkan tampilan kekinian.

Bagian depannya mengadopsi punch hole di sudut kiri atas. Sementara bagian belakang terdapat kamera yang tersusun vertikal dalam sebuah modul dipadukan cover matte yang halus.

Bagian modul kamera ini begitu menonjol, karenanya disarankan menggunakan case sehingga permukaan terasa lebih rata. Selain itu tetap membuat permukaan bagian belakang bersih, karena mudah sekali meninggalkan noda sidik jari.

Oppo A74 5GOppo A74 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Lantaran mengusung baterai jumbo, membuat bodi ponsel ini sejatinya tergolong tebal. Tapi Oppo menyiasatinya dengan desain 3D curved sehingga terkesan tipis.

Oppo A74 5G ini tergolong berbobot dengan berat 190 gram. Pun begitu masih bisa ditolerir saat dalam genggaman maupun saat disimpan dalam kantong.

Vendor asal China ini memasang sensor sidik jari di tombol power. Kinerjanya cukup cepat mengenali sidik jari. Posisi tombol pengaturan volume berada di bagian kiri di temani dengan slot dual SIM Card dan microSD. Sementara di bagian bawah terdapat port jack audio, USB Type C dan speaker.

Layar

Oppo A74 5GOppo A74 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Oppo A74 5G menggunakan panel LTPS (Low Temperature Poly-Sillicone) LCD, karenanya warna yang disajikan lebih oke dibanding IPS LCD biasa. Saat menggunakannya di bawah terik Matahari, visibilitas layar masih jelas.

Diagonal layarnya sendiri 6,5 inch dengan resolusi Full HD+. Lantaran mengusung punch hole, membuat rasio screen to body mencapai 90,5%. Semua itu membuat Oppo A74 5G asik untuk digunakan menikmati streaming video maupun bermain game.

Tapi yang tidak kalah menarik adalah refresh ratenya 90Hz. Fitur ini membuat pengguna dapat merasakan pengalaman menggulir halaman web lebih smooth dari sebelumnya.

Selanjutnya: Kamera....