Apple Watch Bakal Bisa Pantau Gula Darah

Apple Watch Bakal Bisa Pantau Gula Darah

Josina - detikInet
Senin, 03 Mei 2021 19:51 WIB
Apple Watch
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Di masa mendatang Apple Watch generasi berikutnya akan memiliki kemampuan untuk memantau kadar gula darah. Hal ini terungkap setelah adanya laporan pengajuan SEC untuk startup Inggris Rockley Photonics yang mengungkapkan adanya hubungan signifikan dengan Apple.

Rockley Photonics sendiri adalah perusahaan kesehatan asal Inggris yang merancang sensor untuk memantau darah seseorang menggunakan cahaya inframerah. Sensor tersebut dikatakan mampu memantau elemen yang hanya mungkin dicek melalui peralatan medis khusus, termasuk kadar glukosa darah dan alkohol.

Dalam pengajuan SEC yang pertama kali dilaporkan oleh Telegraph Inggris, Rockley tengah mempersiapkan bersiap go public di New York dan telah mengungkapkan rincian tentang hubungan keuangannya. Menurut dokumen tersebut, Apple diidentifikasi sebagai salah satu dari pelanggan terbesar.

Rockley mengklaim ada dua pelanggan terbesar dalam pembukuannya menyumbang 100% dari pendapatan perusahaan pada 2020 dan 99,6% pada 2019. Meski tidak dijelaskan apakah Apple adalah pelanggan terbesar atau yang kedua dari Rockley pada tahun tersebut.

Rockley juga dikatakan memiliki perjanjian pasokan dan pengembangan yang sedang berlangsung dengan perusahaan besar yang diantisipasi akan terus diandalkan untuk sebagian besar pendapatannya.

CEO Rockley Andrew Rickman mengatakan teknologi yang sedang dikembangkan kemungkinan akan ada di produk konsumen pada tahun 2022. Namun ia menolak menjawab apakah Apple terlibat atau tidak.

Sebelumnya Apple telah lama dikabarkan sedang mengerjakan cara untuk menambahkan pemantauan glukosa bersamaan dengan rumor Apple Watch Series 7. Apple juga sudah mengerjakan aplikasi paten untuk komponen yang dapat memantau kadar gula dalam darah melalui kulit, alih-alih pengambilan darah sebagaimana dilansir detiKINET dari Apple Insider, Senin (3/5/2021).



Simak Video "Si Canggih Apple Watch 6 dan Si Ekonomis Apple Watch SE"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)