Apple Watch Patenkan Pantau Tekanan Darah Tanpa Manset

Apple Watch Patenkan Pantau Tekanan Darah Tanpa Manset

Josina - detikInet
Jumat, 23 Apr 2021 20:11 WIB
Apple Watch
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Apple dilaporkan sedang mengerjakan teknologi yang dapat mendeteksi tekanan darah pengguna dengan menggunakan jaringan netral dan data seismokardiogram tanpa pengguna harus menggunakan manset pengukur tekanan darah.

Dilansir detikINET dari Apple Insider, Jumat (23/4/2021) paten yang diajukan Apple kemungkinan akan dibenamkan di perangkat Apple Watch-nya.

Paten ini berjudul 'Jaringan saraf yang dapat ditafsirkan untuk estimasi tekanan darah tanpa lengan' mengeksplorasi penggunaan jaringan saraf untuk memperkirakan tekanan darah menggunakan data seismokardiogram.

Jadi nantinya dengan teknologi ini memungkinkan pengguna dapat memantau tekanan darah tanpa harus menggunakan alat tambahan di tangan.

Tidak seperti elektrokardiogram, yang mengandalkan sinyal listrik untuk memantau detak jantung, seismokardiogram mengukur getaran mikro yang dihasilkan oleh detak jantung.

Terdapat perangkat seismokardiogram yang cukup kecil untuk dianggap dapat dikenakan, meskipun sistem sensitif ini biasanya ditempatkan di atas tulang dada pengguna untuk mengukur getaran menit di dalam atau di dekat jantung.

Menurut paten Apple, sistem akan bekerja dengan memanfaatkan jaringan netral yang dipangkas secara individual yang menerima seismokardiogram sebagai input. Jaringan saraf itu kemudian akan menggunakan data tersebut untuk memperkirakan tekanan darah.

Untuk hasilnya belum diyakini seberapa akuratnya nanti jika dibandingkan dengan metode yang lebih tradisional namun seperti halnya fitur kesehatan lainnya di produk Apple seperti Apple Watch. Teknologi ini tidak dimaksudkan untuk digunakan secara diagnostik artinya pengguna masih harus tetap ke dokter untuk penyelidikan lebih lanjut jika dirasa data yang dihasilkan tidak normal.

Dan perlu diingat ini masih sebuah paten jadi belum diketahui apakah Apple akan benar-benar membenamkan teknologi tersebut ke Apple Watch-nya.



Simak Video "Si Canggih Apple Watch 6 dan Si Ekonomis Apple Watch SE"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)