Peringatan Apple: iPad dan Mac Akan Jadi Barang Langka

Peringatan Apple: iPad dan Mac Akan Jadi Barang Langka

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 30 Apr 2021 11:00 WIB
iPad 8
Apple Peringatkan iPad dan Mac Akan Jadi Barang Langka Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Apple ternyata ikut menjadi salah perusahaan yang terkena dampak kelangkaan chip global. Akibat kelangkaan ini, mereka memperkirakan produksi iPad dan Mac akan terganggu dan stoknya di pasar akan berkurang.

CEO Apple Tim Cook dalam panggilan konferensi dengan analis mengatakan Apple mampu menghindari dampak dari kelangkaan chip di kuartal sebelumnya karena mereka mulai memproduksi chipnya sendiri mulai tahun lalu.

Ia menambahkan masalah utama yang dihadapi perusahaannya adalah chip 'legacy nodes' yang menggunakan metode manufaktur lawas, dan bukan chip canggih yang mentenagai perangkat mereka.

Cook tidak menjelaskan komponen apa yang stoknya menipis, tapi Apple membeli banyak chip legacy nodes untuk mengirimkan data ke display, mengirimkan tenaga ke kamera, decoding audio, dan mengelola baterai.

"Sebagian besar masalah kami adalah melisensi legacy nodes tersebut, ada banyak orang berbeda yang tidak hanya di satu industri, tapi di industri lainnya yang menggunakan legacy nodes," kata COok, seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (30/4/2021).

CFO Apple Luca Maestri bahkan memprediksi Apple akan kehilangan pendapatan sebesar USD 3-4 miliar di kuartal ketiga 2021 sebagai akibat dari kelangkaan stok iPad dan Mac di pasar.

"Ini adalah kombinasi dari kelangkaan serta tingkat permintaan yang sangat, sangat tinggi yang kami lihat untuk iPad dan Mac," kata Maestri.

Kepada investor, Maestri mengatakan iMac memiliki penjualan tertinggi pada tiga kuartal terakhir dalam sejarah penjualan desktop. Hal ini didorong oleh pandemi yang menyebabkan banyak orang harus bekerja dari rumah dan membeli perangkat kerja yang lebih baik.

Apple sendiri telah mengumumkan laporan keuangannya untuk kuartal kedua tahun 2021. Selama periode tersebut, Apple mencatatkan pemasukan USD 89,6 miliar, naik 54% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari total pemasukan itu, USD 48 miliarnya berasal dari penjualan iPhone, naik 66% dibanding tahun lalu. Selain itu penjualan Mac dan iPad pun mengalami peningkatan yang drastis pada kuartal tersebut, naik 70% dan 78%.



Simak Video "Wujud iPad Mini 6 yang Kini Pakai Port USB-C"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)