Deretan Fitur Baru yang Bakal Ada di iOS 15

Deretan Fitur Baru yang Bakal Ada di iOS 15

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 23 Apr 2021 13:36 WIB
ipados
Ilustrasi iPadOS. Foto: Apple
Jakarta -

iOS 15 dan iPadOS 15 diperkirakan akan hadir pada Juni mendatang. Apa saja fitur baru di sistem operasi tersebut? Begini bocorannya...

Apple kabarnya tengah bersiap-siap mengungkap pembaruan software untuk iPhone dan iPad pada Juni mendatang. Tepatnya pada ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021 yang digelar pada 7 Juni, di mana mereka akan merilis iOS 15 dan iPadOS 15.

Sebelumnya, Apple juga merilis iOS 14 pada WWDC 2020 yang digelar pada 22 Juni, sebelum akhirnya mulai bisa diunduh pada 16 September saat perilisan iPhone 12, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (23/4/2021).

Fitur baru apa saja yang bakal ada di iOS 15 dan iPadOS 15?

Filter notifikasi berdasar status pengguna
Bakal ada menu baru yang bisa diakses dari Lock Screen dan Control Center, di mana pengguna bakal mempunyai pengaturan notifikasi yang lebih akurat. Yaitu bagaimana notifikasi akan ditampilkan berdasarkan apa yang sedang dilakukan, tidur, bekerja, ataupun mode Do Not Disturb sedang menyala.

Home screen baru untuk iPad
Di iPadOS 15, kabarnya pengguna iPad bakal bisa menggunakan widget di home screen-nya, sama seperti yang bisa dilakukan pengguna iPhone di iOS 14. Tak banyak informasi mengenai hal ini, namun kabarnya widget adalah perubahan paling signifikan di home screen iPad.

Akses cepat ke data privasi
Bakal ada menu baru yang menampilkan informasi pribadi yang dikumpulkan oleh aplikasi. Kemungkinan, data di menu ini berasal dari 'privacy label' yang pertama hadir di App Store pada Desember lalu.

Lock Screen iOS baru
Kabarnya akan ada akses ke menu privasi dari Lock Screen iOS.

Fitur media sosial di iMessage
Fitur baru ini kabarnya akan membantu iMessage bersaing dengan WhatsApp, yaitu bertujuan menjadikan iMessage sebagai jejaring sosial. Namun fitur ini kabarnya masih dalam tahap pengembangan awal, dan baru akan dirilis beberapa bulan setelah iOS 15 dirilis.

Sejauh ini, bocoran fitur di iOS 15 dan iPadOS 15 hanya itu, dan bisa dibilang tak signifikan. Mungkin beberapa waktu ke depan akan ada bocoran fitur lain yang bakal dihadirkan di sistem operasi anyar tersebut.



Simak Video "Apple Dikabarkan Sedang Buat iPhone Layar Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)