Whitechapel, Prosesor Custom untuk Google Pixel Baru

Whitechapel, Prosesor Custom untuk Google Pixel Baru

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 03 Apr 2021 20:49 WIB
Google Pixel 5 dan Pixel 4A 5G
Google Pixel 5 dan Pixel 4A 5G. Foto: Dok. Google
Jakarta -

Google disebut bakal merilis HP Pixel baru -- kemungkinan bernama Pixel 6 -- dengan system on a chip (SoC) custom bernama Whitechapel.

Whitechapel, yang punya kode GS101, adalah SoC pertama Google untuk ponsel. Google pun disebut bakal merilis dua ponsel Pixel yang menggunakan SoC ini, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (3/4/2021).

Kedua ponsel tersebut kemungkinan adalah penerus Pixel 5 dan Pixel 4A 5G seperti keluaran 2020 lalu. Dalam laporan XDA Developers disebutkan kalau GS101 akan memakai komposisi tiga cluster, ditambah tensor processing unit (TPU) untuk keperluan machine learning.

Sebagai informasi, Snapdragon 888 pun menggunakan komposisi tiga cluster, yang terbagi satu core Cortex-X1, tiga core Cortex-A78, dan empat core Cortex-A55. GS101 juga bakal mempunyai chip keamanan terintegrasi, mirip dengan Titan M.

Langkah Google ini mirip dengan yang dilakukan Apple untuk iPhone (dan juga iPad, serta kini, Mac). Yaitu mendesain SoC sendiri untuk dipakai di produk-produk buatannya, yang membuat mereka bisa mengoptimalkan sisi hardware dan software dengan lebih baik.

Sementara untuk Android sendiri, kombinasinya kurang lebih seperti ini. SoC dibuat oleh perusahaan seperti Qualcomm dan MediaTek, sistem operasi dibuat oleh Google, dan ponsel yang dibuat oleh pabrikannya sendiri, seperti Samsung, Motorola, Oppo, Huawei, Xiaomi, dll.

Sementara Apple, mereka mendesain SoC, membuat sistem operasi, serta membuat ponselnya sendiri.

Google sendiri sebelumnya sudah pernah mendesain chipnya sendiri, meski bukan SoC. Chip bikinan mereka itu antara lain adalah custom TPU dan chip keamanan Titan M, serta chip Neural Core yang dipakai di Pixel 4. Namun SoC akan lebih kompleks ketimbang chip yang pernah mereka buat.

Whitechapel pun sudah beberapa kali tersebar isunya. Yaitu saat Google disebut mengembangkan chip sendiri untuk Pixel dan Chromebook. Dalam laporan saat itu, Google bakal mengoptimasi chipnya dengan teknologi machine learning.



Simak Video "Google Umumkan 8 Startup yang Telah Lulus dari Program Akselerasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)