Xiaomi Akan Pamerkan Chip Buatannya Pekan Depan

Xiaomi Akan Pamerkan Chip Buatannya Pekan Depan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 29 Mar 2021 09:15 WIB
BARCELONA, SPAIN - FEBRUARY 26:  A logo sits illumintated outside the Xiaomi booth on day 2 of the GSMA Mobile World Congress 2019 on February 26, 2019 in Barcelona, Spain. The annual Mobile World Congress hosts some of the worlds largest communications companies, with many unveiling their latest phones and wearables gadgets like foldable screens and the introduction of the 5G wireless networks. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Xiaomi Akan Pamer Chip Buatannya Pekan Depan Foto: David Ramos/Getty Images
Jakarta -

Xiaomi akan meluncurkan Mi 11 Pro, Mi 11 Ultra dan Mi MIX terbaru pada event 29 Maret mendatang. Tidak hanya itu, Xiaomi juga menyiapkan kejutan lain yaitu chip custom baru buatannya sendiri.

Xiaomi mengungkap kehadiran chip ini lewat poster di Weibo yang menyebutkan 'chip kecil yang dikembangkan sendiri'. Postingan lain dari beberapa bos Xiaomi juga menyebutkan istilah 'surge' atau 'surging'.

Istilah ini mengacu pada Surge S1, system-on-chip (SoC) pertama yang diluncurkan Xiaomi pada tahun 2017. Chip tersebut digunakan di Mi 5C dan diklaim lebih bertenaga ketimbang Snapdragon 625, seperti dikutip dari Android Authority, Senin (29/3/2021).

Sepertinya Xiaomi tetap akan menggunakan skema nama Surge untuk chip terbarunya. Tapi vendor asal China ini tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang prosesor tersebut.

Chip terbaru buatan XiaomiTeaser chip terbaru buatan Xiaomi Foto: Weibo/Xiaomi

Tidak diketahui apakah chip terbaru dari Xiaomi ini akan menjadi SoC lengkap atau hanya chip pelengkap yang disandingkan dengan prosesor yang sudah ada.

Rumor lain menyebutkan chip yang dikembangkan Xiaomi adlaah image processing processor (ISP). SoC yang digunakan smartphone saat ini biasanya memiliki komponen seperti CPU, GPU, ISP, NPU dan lain-lain.

ISP ini akan menjadi prosesor mandiri yang bertugas memproses data untuk kamera. Prosesor ini akan memproses informasi tentang warna, pencahayaan, dan informasi lainnya yang dikumpulkan oleh sensor kamera untuk memproduksi foto berkualitas tinggi.

Strategi seperti ini sebelumnya telah dilakukan Google dengan Pixel Neural Core dan Pixel Visual Core yang bisa mendongkrak performa machine learning dan pemrosesan gambar saat disandingkan SoC dari Qualcomm.

Setidaknya kita tidak perlu menunggu lama untuk melihat kejutan terbaru dari Xiaomi. Mereka sudah mempersiapkan event pada 29 Maret untuk mengumumkan Mi 11 Pro, Mi 11 Ultra dan kemungkinan Mi 11 Lite. Mi MIX model terbaru juga akan dipamerkan di event ini yang diprediksi akan menjadi ponsel layar lipat perdana dari Xiaomi.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)