Kenalan 'Jalan Tol Internet' Facebook-Google Hubungkan Indonesia-AS

Kenalan 'Jalan Tol Internet' Facebook-Google Hubungkan Indonesia-AS

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 01 Apr 2021 21:00 WIB
Proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Facebook-Google yang menghubungkan Amerika Utara dengan Asia Tenggara.
Foto: Facebook
Jakarta -

Beberapa hari lalu, kedua raksasa perusahaan teknologi, yaitu Facebook dan Google mengumumkan penggelaran Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang menghubungkan Amerika Utara ke Asia Tenggara. Yuk, kenalan jaringan kabel bawah laut yang akan jadi jalan tol internet.

Ada dua kabel bawah laut yang digelar membentang hingga 15.000 km dari pantai Barat Amerika Utara menuju wilayah Indonesia dan Singapura. Mereka namakan kabel internet tersebut dengan Echo dan Bifrost.

Untuk merealisasikan jalan tol internet antar benua itu, digandeng perusahaan telekomunikasi regional. Google bekerjasama dengan XL Axiata untuk menggelar Echo. Lalu, Facebook bermitra dengan Telin yang merupakan anak perusahaan Telkom dan Keppel, membangun Bifrost.

Echo dan Bifrost bukanlah kabel bawah laut trans-pasifik pertama yang melintasi Laut Jawa, tetapi jalan tol internet ini diklaim akan meningkatkan kecepatan internet ke depannya hingga 70%.

"Meskipun kedua proyek ini masih dalam proses persetujuan regulasi, ketika rampung, dua kabel bawah laut ini akan memberikan kapasitas internet, redundancy, dan keandalan yang dibutuhkan," kata kata Kevin Salvadori, Vice President of Network Investments Facebook.

"Di kawasan Asia Pasifik di mana terdapat permintaan yang meningkat pesat, Echo dan Bifrost akan mendukung perkembangan yang lebih baik dari jaringan 4G, 5G, dan akses broadband bagi ratusan juta orang dan mendukung jutaan bisnis," sambungnya.

Kevin menyebutkan bahwa keberadaan Echo dan Bifrost melengkapi proyek kabel bawah laut yang melayani Indonesia saat ini, meningkatkan kualitas layanan, dan mendukung kebutuhan konektivitas di Indonesia.

Disebutkannya pula, proyek jalan tol internet ini bagian dari upaya Facebook yang berkelanjutan untuk bekerjasama dengan mitra di Indonesia guna memperluas akses jaringan internet broadband dan menurunkan biaya konektivitas.

Proyek SKKL ini, Echo ditargetkan dapat rampung pada 2023 dan Bifrost diharapkan bisa selesai pada tahun 2024.



Simak Video "Facebook Kembangkan Smartwatch Pertamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)