Geger! Google Pastikan Mundur dari Ajang MWC 2021

Geger! Google Pastikan Mundur dari Ajang MWC 2021

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 01 Apr 2021 14:11 WIB
A worker fixes a poster announcing the Mobile World Congress 2020 in a conference venue in Barcelona, Spain, Tuesday, Feb. 11, 2020. Intel Mobile is the latest company announcing that is pulling out of the Mobile World Congress scheduled to be held in Barcelona in late February. Authorities still seem to be committed to hold it, meeting foreign diplomats on Tuesday to brief on the efforts to prevent any spread of the new coronavirus virus during the industry show. (AP Photo/Emilio Morenatti)
Foto: AP Photo/Emilio Morenatti
Jakarta -

Apa jadinya ajang teknologi dunia tanpa kehadiran Google. Tapi itu yang terjadi dengan Mobile World Congress 2021 yang ditinggal Google karena faktor pandemi.

Google memastikan kalau pihaknya tak akan ikut serta pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2021 di Barcelona, Spanyol yang digelar secara offline pada Juni mendatang.

Keputusan Google ini tentu berdampak besar pada MWC, karena mereka sejauh ini adalah perusahaan terbesar yang sudah memastikan tak akan hadir di MWC 2021. Sebelumnya ada juga Nokia, Ericsson, Sony, dan Oracle yang juga memutuskan hal yang sama.

"Melihat kondisi saat ini terkait pembatasan perjalanan dan protokol COVID-19, Google sudah memutuskan untuk tak mengikuti Mobile World Congress tahun ini. Kami akan terus melanjutkan untuk berkolaborasi dengan GSMA dan mendukung partner kami lewat kesempatan virtual. Kami berharap bertemu anda di Barcelona pada 2022," tulis Google.

Pada Februari lalu, GSMA -- penyelenggara MWC -- mengambil keputusan kontroversial, yaitu mengadakan MWC 2021 secara offline, dan hanya memundurkan waktu penyelenggaraan, dari Maret menjadi Juni.

Parahnya, mereka hanya mewajibkan protokol standar untuk menghadapi penyebaran COVID-19, seperti penggunaan masker dan hasil tes negatif 72 jam sebelum kedatangan.

Protokol seperti ini menurut banyak pihak tak cukup untuk menghindari terjadinya penyebaran COVID-19 di acara sebesar MWC. Bahkan mereka tak mewajibkan peserta untuk mendapat vaksinasi sebelum menghadiri acara tahunan tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Ericsson menjadi perusahaan pertama yang mengumumkan tidak akan bergabung dengan MWC tahun ini. Mereka juga menjadi perusahaan pertama yang mengundurkan diri dari MWC tahun lalu yang kemudian dibatalkan sepenuhnya.

"Mengingat dampak berkelanjutan dari COVID-19 dan pertimbangan utama kali terhadap pegawai kami, kesehatan dan kesejahteraan mereka, kami memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam MWC 2021," kata Ericsson dalam keterangan resminya.

Nokia mengikuti langkah Ericsson yang tidak akan menghadiri MWC 2021 secara langsung karena mempertimbangkan kesehatan pegawai dan konsumennya. Tapi mereka tetap akan hadir secara virtual.

"Karena event yang bersifat internasional dan dengan vaksinasi global yang masih dalam tahap awal, kami telah mempertimbangkan keputusan untuk berpartisipasi hanya dalam acara virtual," kata Nokia dalam keterangan resminya.

Daftar perusahaan yang memutuskan mundur dari MWC 2021 terus bertambah, termasuk Sony, Facebook dan Oracle. Facebook mengatakan mereka memang memiliki kebijakan perusahaan untuk tidak menghadiri event secara fisik hingga akhir Juni 2021.



Simak Video "Bantah Layanannya Down, Begini Penjelasan Google Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)