Ini Penyebab Penjualan iPhone 12 Mini Jeblok

Ini Penyebab Penjualan iPhone 12 Mini Jeblok

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 12 Mar 2021 06:35 WIB
wujud iPhone 12 mini terungkap lewat video hands-on
iPhone 12 Mini (kanan). Foto: YouTube/George Buhnici via GSM Arena
Jakarta -

Penjualan iPhone 12 Mini belakangan diberitakan tidak sesuai dengan harapan. Bahkan dalam kabar terbaru, Apple sampai memangkas pesanan iPhone terbaru. Apa alasannya?

Nikkei Asia yang mengutip sumber terkait menyatakan, pemangkasan pesanan iPhone sampai sebesar 20% karena permintaan terhadap iPhone 12 Mini yang semakin menurun.

Secara keseluruhan, sebenarnya iPhone generasi baru Apple masih banyak peminatnya. Menurut Nikkei, Apple berencana memproduksi 230 juta unit iPhone di 2021, naik 11,6% dari tahun 2020.

Akan tetapi seperti dikutip detikINET dari CNBC, Jumat (12/3/2021), iPhone 12 Mini ternyata tak terjual sesuai target Apple lantaran konsumen lebih memilih perangkat iPhone 12 yang lebih besar, bahkan tak sedikit yang lebih berminat pada iPhone 11.

Kabar bahwa iPhone 12 Mini kurang bersinar sudah beredar sebelumnya. Dalam data penjualan di Amerika Serikat pada paruh pertama Januari 2021 kemarin oleh Counterpoint Research, penjualan iPhone 12 Mini hanya mencakup 5% dari seluruh varian iPhone 12 yang terjual di Negeri Paman Sam itu alias paling sedikit pembelinya.

Hal itu menandakan smartphone ukuran kecil semakin kurang diminati. Konsumen banyak beralih ke smartphone ukuran lebih besar karena lebih lapang dalam melihat konten. "iPhone Mini pada dasarnya hanya versi lebih kecil dari iPhone 12 dengan keawetan baterai lebih buruk. Meski menarik bagi orang dengan tangan lebih kecil, kebanyakan konsumen lebih memilih mengeluarkan ekstra USD 100 untuk iPhone 12, yang baterainya lebih baik dan layar lebih besar," tulis CNBC.

"Hal ini sesuai dengan apa yang kami saksikan di pasar global yang lebih luas, di mana layar di bawah 6 inch kini hanya mencakup sekitar 10% dari seluruh smartphone yang terjual," sebut Tom Kang, analis Counterpoint

Malah lantaran permintaan iPhone 12 Mini lemah, rantai suplai mungkin akan menghentikan produksinya di kuartal II 2021. Hal ini bukan berarti iPhone 12 Mini berhenti dijual. Dihentikannya produksinya lebih karena stoknya mungkin sudah dianggap cukup memadai sehingga tidak perlu dibuat lagi.



Simak Video "Ikuti Jejak iPhone 11, Apple Rilis iPhone 12 dan 12 Mini Warna Ungu"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)