Bocoran iPhone 13: Notch Lebih Kecil dan Baterai Lebih Besar

Bocoran iPhone 13: Notch Lebih Kecil dan Baterai Lebih Besar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 02 Mar 2021 13:29 WIB
iPhone 12 Pro Max
Bocoran iPhone 13: Notch Lebih Kecil dan Baterai Lebih Besar Foto: Dok. Apple
Jakarta -

Sederet bocoran tentang iPhone 13 baru saja dibagikan oleh analis Ming-Chi Kuo dari TFI Securities. Ia juga membagikan prediksinya tentang ponsel layar lipat pertama dari Apple.

Untuk lini iPhone 13 yang meluncur tahun ini, Kuo mengatakan akan terdiri dari model yang sama seperti iPhone 12. Artinya, meski iPhone 12 mini dilaporkan tidak begitu laku, Apple tetap akan meluncurkan penerusnya tahun ini.

Dari segi desain, iPhone 13 akan memiliki notch dengan ukuran yang lebih kecil. Ponsel ini juga akan memiliki baterai yang lebih besar berkat desain internal yang lebih hemat tempat, serta modem 5G dan kamera yang lebih baik.

Setelah tahun ini, Kuo memprediksi Apple tidak akan lagi menggunakan notch dan beralih ke desain hole-punch seperti yang digunakan banyak ponsel flagship lainnya, seperti dikutip dari CNBC, Selasa (2/3/2021).

Ia memperkirakan Apple mungkin akan merilis iPhone dengan layar penuh tanpa notch, sensor sidik jari di bawah layar dan kamera telephoto yang lebih canggih paling awal pada tahun 2023.

Tapi dari segi ukuran iPhone 13 akan memiliki dimensi yang sama dengan iPhone 12. Varian mininya tetap akan menggunakan layar 5,4 inch, dua model akan menggunakan layar 6,1 inch dan varian Max akan menggunakan layar 6,7 inch.

Kuo mengatakan dua varian tertinggi iPhone 13 akan mendapatkan upgrade paling besar. Kedua model ini akan memiliki sensor LiDAR yang lebih canggih di kameranya serta display dengan refresh rate 120Hz berkat teknologi display LTPO.

Untuk konektivitas dan pengisian data, Kuo memperkirakan iPhone 13 tidak akan menggunakan port USB-C dan masih akan menggunakan port Lightning seperti pendahulunya. Ia juga tidak yakin kapan Apple akan mengenalkan sensor sidik jari di tombol power, seperti yang digunakan iPad Air, untuk iPhone.

Apple juga dikabarkan sedang mengembangkan iPhone layar lipat dengan ukuran layar 7,5-8 inch yang kemungkinan akan diluncurkan tahun 2023. Tapi Kuo mengatakan proyek ini masih berada dalam tahap awal dan Apple masih harus menyelesaikan masalah teknologi dan produksi massal.

Selain iPhone 13, Apple juga menyiapkan iPhone SE generasi baru yang mendukung jaringan 5G dan prosesor yang lebih kencang. iPhone SE baru ini akan mempertahankan layar berukuran 4,7 inch dan diprediksi meluncur pada paruh pertama tahun 2022.



Simak Video "Apple Dikabarkan Sedang Buat iPhone Layar Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)