Ini Harga Laptop Layar Lipat Lenovo ThinkPad X1 Fold di Indonesia

Ini Harga Laptop Layar Lipat Lenovo ThinkPad X1 Fold di Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 04 Mar 2021 13:40 WIB
Lifestyle photography for the X1 Fold Gen 1. These photos show 3 individuals going through their day and you can see how the X1 Fold helps them adapt throughout.
Thinkpad X1 Fold tiba di Indonesia. Foto: Lenovo
Jakarta -

Setelah diperkenalkan September lalu, Lenovo ThinkPad X1 Fold tiba di Indonesia. Hadir dengan layar lipat, berapa harganya?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, kita bahas dulu spesifikasi yang dimiliki Lenovo ThinkPad X1 Fold.

Laptop ini hadir dengan layar Flexible QXGA OLED 13,3 inch. Begitu layar ThinkPad X1 Fold dilipat, masing-masing punya ukuran 9,6 inch. Lenovo menyediakan beberapa skenario penggunaan.

Simak juga 'Huawei Rilis Ponsel Lipat Mate X2 di China':

[Gambas:Video 20detik]



Bisa disambungkan ke keyboard Bluetooth eksternal.Bisa disambungkan ke keyboard Bluetooth eksternal. Foto: dok. Lenovo


Dijelaskan Azis Wonosari, Client Solution Architect Lenovo Indonesia, skenario pertama ThinkPad X1 Fold didirikan dengan bantuan kickstand di bagian belakang, kemudian dikombinasikan keyboard eksternal yang terhubung lewat Bluetooth.

Kedua, ThinkPad X1 Fold dilipat sebagian layaknya laptop pada umumnya. Nantinya secara otomatis layar bagian bawah akan berubah menjadi keyboard virtual.

"Dapat pula menggunakan ekternal Bluetooth keyboard. Keyboard bakal secara otomatis terisi daya ketika diletakkan di atas layar (bawah),"terang Azis.

Layar bagian bawah bisa untuk menulis catatan saat mengikuti webinar Foto: dok Lenovo

Masih dalam mode terlipat layaknya laptop, layar bagian bawah digunakan untuk melakukan pencatatan menggunakan Lenovo Mod Pen. Ini sangat berguna ketika kita mengikuti Webinar sembari melakukan pencatatan.

Skenario lainnya dilipat seperti buku. Sehingga pengguna dapat menjalankan beberapa aplikasi dengan dua layar.

"Jadi pengguna bisa membuka dua aplikasi bersamaan. Satu di layar kanan, satu lagi di kiri. Memudahkan saat ingin membandingkan dua informasi yang berbeda,"kata Azis.

Bisa split screen.Bisa split screen. Foto: dok. Lenovo

Terkait durabilitas perangkat layar lipat, Lenovo menyebut ThinkPad X1 Fold dirancang khusus, baik dari sisi layar maupun engsel. Sehingga perangkat ini punya ketahanan yang sangat baik.

Dalam pengujian yang telah dilakukan, engsel ThinkPad X1 Fold bertahan hingga 30 ribu kali. Ini setara dengan 4 -5 tahun penggunaan.

"Laptop ini sudah melalui tes MILL Spek Test 810 H,"ujar Azis.

Beralih ke dapur pacunya, Lenovo mentenagainya dengan prosesor Intel Core generasi 11 dan Intel Hybrid Technology.

Bentuknya seperti buku dengan bobot kurang dari 1 kg.Bentuknya seperti buku dengan bobot kurang dari 1 kg. Foto: dok. Lenovo

Di dalamnya tersemat RAM LPDDR4x 8 GB dan 1 TB SSD. Baterainya sendiri diklaim bisa bertahan hingga 11 jam penggunaan dan dibelai teknologi pengisian cepat 65W.

Tersedia dua port USB Type C gen 2, untuk koneksi diberikan dukungan WiFi 6. Terdapat kamera 5 MP dan infrared di atas layar, digunakan untuk face recognition. Bobotnya sendiri kurang dari 1 kg.

Laptop layar lipat Lenovo ini sudah dapat dipesan di situs resminya di sini, namun baru akan tersedia bulan April mendatang. Harga Thinkpad X1 Fold di Indonesia adalah Rp 59 juta yang mesti dibayar konsumen untuk membawa laptop layar lipat beserta keybord Bluetooth eksternal dan Lenovo Mod Pen.

"Kami memberikan garansi 3 tahun. Kalau ada kerusakan sparepart maka akan gantikan secara gratis. Selain itu kami menyediakan layanan premium support, konsumen akan diberikan line khusus ketika menghubungi layanan pelanggan dan diprioritaskan saat membutuhkan sparepart,"jelas Azis.

(afr/fay)