Punya Layar Lipat, Harga ThinkPad X1 Fold Tembus Rp 37 Juta

Punya Layar Lipat, Harga ThinkPad X1 Fold Tembus Rp 37 Juta

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 29 Sep 2020 17:06 WIB
Lifestyle photography for the X1 Fold Gen 1. These photos show 3 individuals going through their day and you can see how the X1 Fold helps them adapt throughout.
Lenovo ThinkPad X1 Nano. Foto: Lenovo
Jakarta -

Tidak hanya ponsel, perangkat PC pun kini mengusung layar lipat. Lenovo mengklaim menjadi pertama yang menghadirkannya lewat ThinkPad X1 Fold.

PC layar lipat ini hadir dengan bentangan 13,3 inch dengan dukungan Dolby Vision. Bagian belakangnya berselimut lapisan kulit yang membuat tampilannya lebih bergaya.

Kita bisa menjumpai adanya lipatan di bagian cover belakang ini. Bila dibuka, akan menjadi penyangga untuk mendirikan ThinkPad X1 Fold.

Begitu layar ThinkPad X1 Fold dilipat, masing-masing punya ukuran 9,6 inch. Lenovo menyediakan beberapa mode penggunaan.

"Ketika mulai melipatnya, akan ada menu pop-up switch mode yang memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi bersandingan. Atau bisa membuka satu layar penuh (portrait), kamu bisa scroll pada bagian lekukan lipatan tanpa ada garis hitam pembatas," jelas Carly Okerfelt, Worldwide Category Leader Lenovo, dalam event virtual, Selasa (29/9/2020).

Masih saat mode lipat, pengguna bisa menampilkan keyboard virtual di layar bagian bawah. Namun dapat dipasangkan dengan keyboard magnet fisik yang disertakan Lenovo.


Ketika keyboard tersebut tertempel, Windows hanya tampil di bagian layar atas saja. Menariknya saat perangkat dilipat, keyboard bisa menyatu dalam lipatan.

"Ketika kita ingin pergi keluar, tinggal lipat saja. Keyboard bisa terpasang di dalammya dan akan mengisi ulang," ungkap Carly.

Soal engselnya, Lenovo merangcangnya dengan khusus. Sehingga ukurannya bisa tipis namun tetap kokoh.

Dalam pengujian yang mereka lakukan, engsel ThinkPad X1 Fold bertahan hingga 30 ribu kali. Ini setara dengan 4 -5 tahun penggunaan.

Lenovo ThinkPad X1 FoldLenovo ThinkPad X1 Fold Foto: undefined

Bicara jeroannya, Lenovo mentenagainya dengan prosesor Intel Core generasi 11 dan Intel Hybrid Technology. Ia menyuguhkan performa dan efesiensi pada sebuah perangkat dengan dua layar ini.

Di dalamnya tersemat RAM LPDDR4x 8 GB dan 1 TB SSD. Baterainya sendiri diklaim bisa bertahan hingga 8,5 jam penggunaan dan dibelai teknologi pengisian cepat 65W.

Tersedia dua port USB Type C dan slot SIM Card. Untuk koneksi diberikan dukungan WiFi 6 dan 5G.

ThinkPad X1 Fold punya speaker Dolby Atmos sehingga bakal memanjakan telinga. Pengguna diberikan Lenovo Mod Pen untuk corat-coret di atas layar ini.

Lenovo langsung membuka pre-order di sejumlah negara usai mengenalkannya. ThinkPad X1 Pro sendiri dilepas seharga mulai dari USD 2.499 atau kisaran Rp 37 juta.



Simak Video "Lenovo ThinkBook 14 Tawarkan Keamanan untuk Generasi Bisnis Modern"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)