Bocoran Tampilan Android 12, Bawa Desain dan Fitur Baru

Bocoran Tampilan Android 12, Bawa Desain dan Fitur Baru

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 10 Feb 2021 10:05 WIB
Bocoran tampilan Android 12
Bocoran Tampilan Android 12, Bawa Desain dan Fitur Baru Foto: XDA Developer
Jakarta -

Google akan meluncurkan Android 12 pada paruh kedua tahun 2021. Sebelum diluncurkan, beredar screenshot yang menampilkan bocoran wujud sistem operasi baru ini.

Bocoran ini datang dari XDA Developers yang mengaku mendapatkannya dari 'draft awal' dokumen yang didistribusikan oleh Google ke mitra Android. XDA Developers mengaku belum memastikan keaslian screenshot ini tapi mereka telah melihat bahwa dokumen yang dimaksud benar adanya.

Jika ternyata bocoran ini akurat, Android 12 sepertinya akan memiliki tampilan antarmuka baru, indikator privasi dan widget percakapan. Tampilan antarmuka baru ini terlihat menggunakan skema warna krem yang sepertinya merupakan bagian dari sistem tema baru untuk Android 12.

Selain itu, antarmuka Android 12 juga didominasi dengan panel-panel yang menggunakan sudut membulat. Jumlah Quick Settings yang bisa diakses lewat panel notifikasi juga dikurangi, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (10/1/2021).

Bocoran tampilan Android 12Bocoran tampilan Android 12 Foto: XDA Developer

Selain perubahan antarmuka, screenshot ini juga memperlihatkan indikator privasi baru yang mirip seperti yang digunakan di iOS. Indikator ini berada di pojok kanan atas dan akan muncul jika sebuah aplikasi mengakses kamera atau mikrofon.

XDA Developers juga melaporkan bahwa Google akan merombak pengaturan privasi di Android 12 yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau mematikan kamera dan mikrofon dengan mengklik toggle yang ada.

Screenshot lainnya juga memperlihatkan widget percakapan baru di Android 12 yang menampilkan pesan dan panggilan terbaru. XDA Developers mengklaim widget ini akan menjadi fitur wajib untuk semua perangkat Android 12.

Google belum memastikan perubahan antarmuka atau fitur baru di Android 12 secara resmi. Perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California ini biasanya memberikan preview Android terbaru pada bulan Maret setiap tahunnya.

Tapi tahun lalu Google mengejutkan banyak orang setelah memamerkan Android 11 Developer Preview pada bulan Februari, jadi ada kemungkinan kita akan melihat tampilan baru Android 12 dalam beberapa minggu ke depan.



Simak Video "Google Rayakan Hari Valentine dengan Doodle Romantis"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)