Vivo Perkuat Posisinya dalam Jajaran Brand Smartphone Terbaik Dunia

Vivo Perkuat Posisinya dalam Jajaran Brand Smartphone Terbaik Dunia

Yudistira Imandiar - detikInet
Rabu, 03 Feb 2021 11:00 WIB
Vivo
Foto: Dok. Vivo
Jakarta -

Di tengah terjangan pandemi COVID-19 sepanjang tahun 2020, Vivo masih bisa mempertahankan performa bisnis yang positif. Hal itu membuat Vivo mengukuhkan posisinya dalam lima besar brand smartphone terbaik di level global.

Berdasarkan data IDC, selama tahun 2020 secara akumulatif Vivo mendistribusikan 111,7 juta unit smartphone ke berbagai negara. Jumlah tersebut tercatat tumbuh positif 1,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Vivo membuktikan bisnisnya masih tetap tumbuh positif di tengah krisis ekonomi global, yang mengakibatkan jumlah distribusi smartphone di level global terpangkas negatif 5,9 persen dibandingkan tahun 2019.

Pencapaian tersebut mengantarkan Vivo menduduki posisi lima besar pasar smartphone dunia. Brand smartphone asal Guangdong, China ini meraih 8,6 persen pangsa pasar smartphone global.

Di level regional, saat ini Vivo menduduki peringkat kedua pasar smartphone China. Pada Q3-2020, Vivo memperoleh 17,8 persen pangsa pasar di Negeri Tirai Bambu. Sementara itu, di India Vivo menempati urutan ketiga dan pertumbuhan penjualannya menyentuh 19 persen secara YoY pada Q3-2020.

VivoFoto: Dok. Vivo

Prestasi Vivo di Indonesia lebih mentereng lagi. Mereka ditahbiskan sebagai brand smartphone nomor satu pada Q3-2020. Pangsa pasar yang dikuasai Vivo menyentuh 24,1 persen. Seiring dengan pertumbuhan penjualan di kanal online, dan mulai beroperasinya gerai-gerai offline, vivo memperkuat keunggulannya di segmen produk-produk smartphone kelas entry-level sampai menengah.

"Komitmen Vivo dalam pengembangan produk yang relevan dan adaptif dengan kebutuhan konsumen menjadi salah satu kontribusi pencapaian Vivo secara global. Di tengah tantangan saat ini, kami juga sangat mengapresiasi dukungan serta kepercayaan konsumen Indonesia," papar Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma dalam keterangan tertulis, Rabu (3/2/2021).

Dalam keterangan resminya, Vivo menegaskan bakal terus berinovasi untuk menghadirkan smartphone yang menjawab kebutuhan dan preferensi konsumen. Perusahaan mengerahkan sembilan pusat R&D yang tersebar di Shenzhen, Dongguan, Nanjing, Beijing, Hangzhou, Shanghai, Taipei, Tokyo and San Diego untuk mengembangkan teknologi yang relevan dengan kebutuhan konsumen, seperti konektivitas 5G, artificial intelligence (AI), desain industri, fotografi, dan teknologi lainnya yang akan terus berkembang.



Simak Video "Kenalan sama vivo Y51, Seri Y dengan Spesifikasi Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)