Teknologi Terkini Ada di Galaxy S21 Series 5G

Teknologi Terkini Ada di Galaxy S21 Series 5G

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 30 Jan 2021 07:15 WIB
Samsung Galaxy S21 Series 5G
Foto: Samsung
Jakarta -

Sebagai ponsel flagship terbaru Samsung, Galaxy S21 Series 5G tentu dibekali berbagai teknologi terkini. Apa saja sih?

Pertama dari yang langsung terlihat, yaitu layar. Galaxy S21 Series 5G memakai panel Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120Hz. Resolusinya FHD+ untuk Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G, dan QHD+ untuk Galaxy S21 Ultra 5G.

Khusus untuk Galaxy S21 Ultra 5G, pengguna bisa menggunakan resolusi penuhnya (QHD+) bersamaan dengan refresh rate 120Hz. Bukan dipilih salah satu seperti di seri sebelumnya.

Lalu berangkat ke jeroan, Galaxy S21 Series 5G memakai 5nm Exynos 2100 yang dibuat dengan pabrikasi 5nm, alias yang terkini. Semakin kecil pabrikasi, maka ukuran transistor akan lebih kecil yang berdampak pada efisiensi daya lebih baik dan performa semakin tinggi.

5nm Exynos 2100 adalah chipset pertama Samsung yang terintegrasi dengan modem 5G dibangun di atas node proses extreme ultra-violet (EUV) 5 nanometer (nm). Dengan proses EUV 5nm, membawa peningkatan kinerja CPU lebih dari 30% dan GPU 40% dari generasi sebelumnya. Di lain sisi, chipset ini punya efisiensi hingga 10% lebih tinggi daripada Exynos 990 yang menggunakan teknologi pemprosesan 7nm.

Lalu chip RAM dan storagenya pun yang paling baru, yaitu LPDDR5 yang 1,5x lebih cepat dibanding LPDDR4X, dan lebih irit daya 20%. Sementara chip storagenya adalah UFS 3.1, tiga kali lebih kencang dari UFS 3.0.

Terakhir ada Ultra-Wideband (UWB), yang merupakan koneksi nirkabel memakai gelombang radio, sama seperti Bluetooth dan WiFi. Namun bedanya adalah UWB beroperasi di frekuensi yang sangat tinggi dan bisa digunakan untuk menangkap data spasial dan terarah yang sangat akurat. Jarak yang bisa dijangkau UWB juga lebih luas dibandingkan Bluetooth dan Wi-Fi.

UWB bekerja dengan mengirimkan satu miliar sinyal per detik yang kemudian diterima oleh perangkat lain. Saat perangkat penerima mengirimkan sinyal balik, lokasinya bisa ditemukan dengan akurasi yang tinggi.

Alhasil UWB bisa melacak lokasi secara real-time. Perangkat dengan UWB bisa menentukan apakah objek sedang dalam kondisi diam, bergerak menjauh atau mendekat.

Fitur ini sebenarnya sudah ada di Galaxy Note20 Ultra, namun kegunaannya ditingkatkan di Galaxy S21 Series 5G. Teknologi ini pun bisa dipakai di smartwatch, kunci pintar, dan alat pelacak seperti Galaxy Smart Tag+.



Simak Video "Resmi Dirilis, Ini Harga Galaxy S21 Series di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)