Ini Harga Poco M3 di Indonesia, Jadi Entry Level Killer?

Ini Harga Poco M3 di Indonesia, Jadi Entry Level Killer?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 21 Jan 2021 22:17 WIB
Poco M3
Foto: Istimewa
Jakarta -

Xiaomi akhirnya resmi merilis Poco M3 di Indonesia, ponsel yang digadang-gadang jadi entry level killer, alias jadi perusak pasar di kelas entry level.

Poco M3 melengkapi portfolio produk Poco di Indonesia yang sebelumnya sudah dirilis. Seperti F2 Pro 'flagship killer, X3 NFC 'midrange killer', dan kini M3, yang didaulat jadi 'entry level killer'.

Label entry level killer ini disematkan karena beberapa komponen yang dipakai di ponsel ini lazim ditemukan di ponsel kelas menengah, dan bahkan kelas flagship. Pertama adalah system on a chip (SoC) Snapdragon 662, yang biasanya dipakai di ponsel kelas menengah, sementara kelas entry level biasanya menggunakan Snapdragon 400 series.

"Sebagai entry level pertama kami, Poco M3 akan tampil berbeda. Kami menggunakan Snapdragon 662, yang biasa dipakai di kelas midrange, tapi kami menggunakannya di ponsel entry level," ujar Andi Renreng, Product PR Manager Xiaomi Indonesia dalam acara peluncuran Poco M3 yang digelar secara virtual, Kamis (21/1/2021).

Tak cuma itu, RAM yang dipakai menggunakan jenis LPDDR4X, lazim dipakai di kelas menengah atau malah kelas flagship. Ada dua varian yang tersedia, yaitu RAM 4GB dan 6GB, khusus untuk varian 6GB ini menggunakan chip storage UFS 2.2 yang kecepatan bacanya lebih tinggi, sementara varian 4GB menggunakan UFS 2.1.

"Storagenya juga mencapai 128GB dengan jenis UFS 2.2. Padahal di kelas entry level banyak yang masih menggunakan eMMC," tambah Andi.

Aspek tampilan juga dipersiapkan secara khusus untuk Poco M3 yang menghadirkan layar dengan bentang 6,53 inch dan resolusi FHD+. Alasan lainnya adalah layar yang dikelilingi bezel yang tipis, menghasilkan screen-to-body ratio mencapai 90,34%,

Layarnya juga dilapisi Corning Gorilla Glass 3, dan punya sertifikasi TUV Rheinland untuk perlindungan dari sinar biru. Layarnya juga punya sertifikasi Widevine L1, yang membuat konten Netflix bisa ditonton dengan resolusi tinggi.

Fitur-fitur pelengkap lainnya yang disematkan antara lain sensor sidik jari di samping ponsel, speaker stereo dan IR blaster. Poco M3 meluncur dengan MIUI 12 yang berbasis Android 10, dan akan mendapatkan update Android 11 dalam waktu dekat.

Soal kamera, ada kamera utama 48 megapixel, yang ditemani sepasang kamera 2 megapixel (depth sensor dan macro). Kameranya ini dilengkapi fitur timelapse terintegrasi, alias tak membutuhkan aplikasi tambahan.

Baterai Poco M3 berkapasitas 6000 mAh, diklaim bisa tahan sampai 2,5 hari dan juga bisa mengisi baterai perangkat lain lewat fitur reverse wire charging, atau dengan kata lain bisa menjadi power bank. Pengisian baterainya dilakukan lewat port USB-C dengan daya maksimal 18W, yang chargernya disertakan dalam paket penjualan.

Ditawarkan dengan tiga pilihan warna yakni Power Black, Cool Blue, dan Poco Yellow, Poco M3 mulai dijual pada tanggal 26 Januari 2021 dengan harga Rp 1,9 juta untuk varian RAM 4GB storage 64GB, dan Rp 2,3 juta untuk varian RAM 6GB dan storage 128GB.

Poco M3Poco M3 Foto: Screenshot YouTube


Simak Video "Unboxing Poco M3, Ponsel Entry Level Killer"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)