GPU AMD RDNA 2 untuk Laptop Bakal Hadir Pertengahan 2021

CES 2021

GPU AMD RDNA 2 untuk Laptop Bakal Hadir Pertengahan 2021

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 13 Jan 2021 16:45 WIB
CEO AMD Lisa Su saat memamerkan RDNA 2 untuk laptop
Foto: Screenshot
Jakarta -

Selain merilis Ryzen 5000 mobile untuk laptop, AMD juga memastikan kalau GPU RDNA 2-nya bakal segera tersedia di laptop-laptop gaming.

Sebagai info, arsitektur RDNA 2 dipakai sebagai basis pada chip yang ada di PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series S dan X. Selain itu, arsitektur ini juga sudah dipakai di GPU flagship mereka Radeon RX 6000 untuk desktop, yang dipamerkan pada Oktober lalu.

Kini, CEO AMD Lisa Su memastikan kalau AMD dan rekanan mereka sudah berada di jalurnya untuk merilis GPU RDNA 2 di laptop gaming pada pertengahan pertengahan pertama 2021. Dan juga RDNA 2 untuk desktop namun di kelas mainstream, alias yang harganya lebih terjangkau.

"Anda juga akan melihat kartu grafis RDNA 2 untuk desktop kelas mainstream dalam pertengahan pertama tahun ini," tambah Su dalam keynotenya di CES 2021.

Ia pun memamerkan performa RDNA 2 untuk laptop dengan menunjukkan game Dirt 5 yang dijalankan di resolusi 1440p dengan frame rate 60fps.

AMD Epyc 'Milan'

Tak cuma Ryzen 5000 dan RDNA 2 yang dipamerkan, Su juga mempresentasikan prosesor Epyc mereka yang terbaru, dengan kode 'Milan'. Ia pun mendemokan kemampuan prosesor kelas server dan data center generasi ke-3 tersebut.

Demo tersebut menampilkan Weather Research and Forecast (WRF) Model - digunakan di lebih dari 160 negara - yang mengolah ramalan cuaca intensif komputasi untuk benua Amerika Serikat, dengan dua prosesor Milan 32-core mengungguli dua prosesor tertinggi kompetisi prosesor soket ganda sebesar ~ 68%.

Prosesor AMD EPYC generasi ke-3 akan diklaim meningkatkan standar performa, kemajuan fitur keamanan, dan nilai bisnis. AMD berencana untuk mengumumkan detail produk dan ekosistem pada Q1 2021.



Simak Video "AMD dan Intel Kejar-kejaran Jajaki Portofolio Laptop Asus"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)