Intel Gen ke-11 Seri H Janjikan Performa Terkencang untuk Laptop Gaming

CES 2021

Intel Gen ke-11 Seri H Janjikan Performa Terkencang untuk Laptop Gaming

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 12 Jan 2021 19:50 WIB
Intel Tiger Lake H
Foto: Dok. Intel
Jakarta -

Setelah merilis jajaran prosesor generasi ke-11 Tiger Lake 2020 lalu, kini Intel merilis prosesor Tiger Lake baru di seri H, dan dijanjikan bakal super kencang untuk laptop game.

Prosesor seri H ini ditujukan untuk perangkat mobile seperti laptop yang membutuhkan kinerja tinggi. Jadi diharapkan, laptop dengan Tiger Lake seri H bakal mendapat keuntungan dari proses 10nm, namun dengan performa lebih tinggi, seperti di laptop game.

Hanya saja, berbeda dibanding generasi sebelumnya, thermal design power (TDP) Tiger Lake H bakal mentok di 35W, bukan 45W seperti yang dipakai di jajaran laptop gaming flagship dengan Intel Core gen ke-10.

Namun setidaknya, performa laptop gaming dengan Tiger Lake H ini bakal tetap impresif namun dengan konsumsi daya dan panas yang lebih rendah ketimbang generasi ke-10.

Prosesor jagoan Intel di seri baru ini, sejauh ini, adalah i7-11375H yang punya empat core dan delapan thread. Kecepatan boost maksimalnya adalah 5GHz, dan dijanjikan punya performa single thread paling tinggi untuk kelas laptop, setara dengan CPU 45W seri H milik Intel keluaran tahun lalu.

Intel Tiger Lake HIntel Tiger Lake H Foto: Dok. Intel

Chip ini juga mendukung Intel Killer WiFi 6 atau 6E, mendukung Thunderbolt 4, DDR4 RAM sampai 3200MHz dan LPDDR4/x sampai 4266MHz serta PCIe Gen 4.0, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (12/1/2021).

Intel Tiger Lake HIntel Tiger Lake H Foto: Dok. Intel

Sementara untuk sektor grafis, selain bergantung pada GPU buatan Nvidia atau AMD, Intel juga menyematkan GPU Xe-LP untuk dipasangkan dengan GPU diskrit lain.

Ke depannya, Intel juga bakal merilis prosesor delapan core, yang kabarnya mulai dikapalkan pada akhir Q1 2021, dengan kecepatan maksimal 5GHz. Namun memang belum banyak informasi spesifikasi terkait prosesor ini.

Deretan laptop yang memakai prosesor Intel Gen ke-11 H ini juga bakal dirilis di ajang CES 2021, termasuk dari Acer, Asus, MSI, dan Vaio.



Simak Video "Prosesor Cepat dan Tepat Buat di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)