Intel Pamerkan Chip Alder Lake, Siap Tantang Apple M1

CES 2021

Intel Pamerkan Chip Alder Lake, Siap Tantang Apple M1

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 12 Jan 2021 16:50 WIB
Intel Alder Lake
Intel Pamerkan Chip Alder Lake, Siap Jadi Penantang Apple M1 (Foto: Intel)
Jakarta -

Intel memanfaatkan ajang CES 2021 untuk memamerkan chip flagship generasi terbarunya yang mengusung kode Alder Lake. Dengan chip ini, Intel sepertinya siap menantang Apple M1.

Alder Lake dirancang untuk memberikan performa yang kencang saat dibutuhkan, tapi bisa menggunakan daya dengan lebih efisien saat membutuhkan baterai yang awet. Prosesor ini akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2021.

Dikutip dari Cnet, Selasa (12/1/2021) Executive Vice President Intel Greg Bryant mendemonstrasikan kinerja chip ini secara langsung menggunakan desktop yang menjalankan Windows. Tapi ia tidak memberikan detail lebih lanjut dalam demonstrasi singkatnya.

Untuk meningkatkan performa Alder Lake, Intel menggunakan pendekatan yang telah digunakan untuk chip smartphone dan Apple M1. Chip generasi ke-12 ini menggabungkan core dengan performa tinggi dan core yang lebih hemat daya dalam satu kemasan.

Alder Lake akan menggunakan versi terbaru SuperFin 10nm yang sebelumnya telah digunakan di chip Tiger Lake, dengan mengombinasikan core performa tinggi terbaru bernama Golden Lake dan core efisiensi tinggi Gracemont.

Intel Alder LakeIntel Alder Lake Foto: Intel

Saat laptop atau desktop sedang tidak sibuk mengerjakan pekerjaan berat, atau hanya menjalankan tugas di background, chip ini akan menggunakan core yang lebih efisien. Sedangkan jika butuh melakukan pekerjaan berat seperti gaming, baru core yang bertenaga tinggi dikerahkan.

"Ini menggabungkan core performa tinggi dan efisiensi tinggi ke dalam satu produk," kata Bryant.

"Ini akan menjadi fondasi untuk prosesor desktop dan mobil terdepan yang memberikan kegunaan komputasi yang lebih pintar, cepat dan efisien," sambungnya.

Selain Alder Lake, Intel juga mengumumkan tanggal peluncuran prosesor lain buatannya. Prosesor seri H generasi ke-11 untuk laptop gaming super tipis akan meluncur di paruh pertama tahun 2021.

Ada juga prosesor seri N Pentium Silver dan Celeron untuk mentenagai laptop terjangkau. Chip ini dibangun menggunakan proses 10nm terbaru milik Intel.



Simak Video "Prosesor Cepat dan Tepat Buat di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)