Mediatek Siapkan Chipset 6nm Pesaing Snapdragon 865+

Mediatek Siapkan Chipset 6nm Pesaing Snapdragon 865+

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Selasa, 12 Jan 2021 11:35 WIB
Ilustrasi MediaTek
Ilustrasi chip Mediatek. Foto: Ubergizmo
Jakarta -

Produsen chip yang berbasis di Taiwan, Mediatek, telah menyiapkan sebuah chipset dengan teknologi fabrikasi 6nm untuk dipasangkan di smartphone kelas flagship yang akan menyaingi Snapdragon 865+ dari Qualcomm. Chipset dari seri Dimensity tersebut akan segera diperkenalkan ke publik.

Melalui akun official di platform Weibo, Mediatek mengumumkan bakal memperkenalkan produk dari seri Dimensity itu pada tanggal 20 Januari 2021. Mengutip Gizchina, dalam unggahannya, Mediatek menyebut chipset terbaru itu membawa teknologi superior yang akan memberikan pengalaman lebih baik bagi pengguna.

Mediatek belum mengeluarkan keterangan resmi prosesor seri apa yang bakal dihadirkan. Namun, menurut rumor yang menyeruak chipset terbaru itu ialah MT689x. Salah satu seri yang diyakini bakal dirilis lebih dulu, yakni MT6893 berteknologi proses 6nm, menggunakan core ARM Cortex A78 dengan frekuensi tertinggi 3.0 GHz.

Seperti dikutip detikINET dari GizChina, Selasa (12/1/2021), leaker atau pembocor soal teknologi yang populer China, Digital Chat Station mengabarkan chipset terbaru Mediatek MT689x ini akan diperkuat dengan pengolah grafis Mali-G77. Mereka menyebut performa yang dimiliki bakal setimpal dengan chipset besutan Samsung, Exynos 1080.

Sedangkan menurut kabar lainnya, chipset baru Mediatek memiliki skor sekitar 600 dari hasil pengujian menggunakan aplikasi AnTuTu. Dengan demikian, skor tersebut dapat disejajarkan dengan raihan chipset lansiran Qualcomm, Snapdragon 865+.

Selain memiliki performa yang dilaporkan unggul itu, chipset flagship terbaru dari Mediatek disebut-sebut berharga lebih terjangkau ketimbang Exynos maupun Snapdragon di kelas yang sama karena memang demikian strategi bisnis mereka. Smartphone yang disusupi chipset Mediatek 6nm kemungkinan dapat dipasarkan seharga USD 300 atau setara Rp 4,2 jutaan.



Simak Video "Miliarder Mukesh Ambani Gandeng Qualcomm Garap 5G di India"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)