Salip Qualcomm, MediaTek Jadi Pemasok Chipset Smartphone Terbesar

Salip Qualcomm, MediaTek Jadi Pemasok Chipset Smartphone Terbesar

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 27 Des 2020 10:15 WIB
MediaTek Dimensity 1000 5G
MediaTek Jadi Pemasok Chipset Smartphone Terbesar. Foto: dok. Mediatek
Jakarta -

MediaTek menjadi vendor chipset smartphone terbesar dengan pangsa pasar 31% pada kuartal ketiga tahun 2020. Pencapaian ini terjadi ketika penjualan smartphone rebound selama kuartal tersebut.

Data Counterpoint Research menyebutkan, kinerja kuat MediaTek berada di kisaran harga USD 100-250. Pertumbuhan di wilayah utama seperti China dan India membantunya menjadi vendor chipset smartphone terbesar selama kuartal ketiga.

Selain MediaTek ada Qualcomm yang menjadi vendor chipset 5G terbesar pada kuartal ketiga tahun 2020. Qualcomm mendominasi 39% dari ponsel 5G yang dijual di seluruh dunia.

Counterpoint Research juga menyebutkan, penjualan smartphone 5G meningkat dua kali lipat selama kuartal tersebut, sehingga berkontribusi 17% dari semua smartphone yang terjual.

Dengan meluncurnya jajaran perangkat 5G milik Apple, penjualan smartphone 5G akan terus meningkat pada kuartal keempat tahun 2020. Diperkirakan sepertiga dari semua smartphone yang dikapalkan, akan mendukung 5G.

"Pangsa chipset MediaTek di Xiaomi telah meningkat lebih dari tiga kali lipat sejak periode yang sama tahun lalu," kata Research Director Counterpoint Dale Gai seperti dikutip dari Slashdot.

Dikatakannya, MediaTek juga dapat memanfaatkan celah pasar yang tercipta karena adanya larangan AS terhadap Huawei. Chip MediaTek yang terjangkau yang dibuat oleh TSMC, menjadi opsi pertama bagi banyak OEM untuk dengan cepat mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh ketidakhadiran Huawei.

"Huawei juga sebelumnya telah membeli sejumlah besar produk. chipset sebelum pelarangan," tutupnya.



Simak Video "Duh! Skor Benchmark iPhone 12 Kalah dari Flagship Android"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/asj)