LG Pamerkan TV Transparan yang Bisa Disembunyikan

CES 2021

LG Pamerkan TV Transparan yang Bisa Disembunyikan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 11 Jan 2021 15:50 WIB
TV Transparan LG
LG Pamerkan TV Transparan yang Bisa Disembunyikan Foto: LG Display
Jakarta -

LG Display memamerkan televisi transparan terbarunya di ajang CES 2021. Uniknya TV transparan ini dirancang sebagai bagian dari tempat tidur dan bisa disembunyikan.

TV transparan ini menggunakan panel OLED berukuran 55 inch yang desainnya memungkinkan pengguna untuk melihat objek di balik layar. LG mengklaim layar ini berhasil mencapai level transparansi hingga 40%, sebuah peningkatan dibandingkan LCD transparan sebelumnya yang diklaim mencapai level transparansi 10%.

Dikutip dari The Verge, Senin (11/1/2021) LG membayangkan TV set ini sebagai bagian dari rangka tempat tidur yang ditempatkan di bagian kaki tempat tidur.

Saat digunakan TV ini bisa dinaikkan sebagian atau secara penuh untuk menampilkan berbagai macam informasi atau video. Saat sedang tidak digunakan, layarnya bisa digunakan untuk menampilkan informasi seperti waktu, cuaca dan musik yang sedang diputar.

Panel ini memiliki speaker built-in, tapi belum diketahui fitur audio apa yang akan didukung. Dalam keterangannya, LG mengatakan TV ini sudah mendukung teknologi Sound Solution miliknya.

TV Transparan LGTV transparan LG saat dalam posisi 'sembunyi' Foto: LG Display

LG mengatakan TV transparan ini bisa dipindah ke ruangan lainnya di rumah. Perusahaan asal Korea Selatan ini melihat teknologi seperti ini bisa digunakan sebagai perangkat rumah pintar dan untuk fasilitas publik, seperti di restoran dan transportasi umum.

"OLED transparan adalah teknologi yang memaksimalkan keuntungan OLED dan dapat digunakan di berbagai tempat di kehidupan sehari-hari, dari toko, pusat perbelanjaan, dan interior arsitektural hingga kendaraan otonom, kereta bawah tanah, dan pesawat," kata Senior Vice President dan Head of Commercial Business LG Display Jong-sun Park dalam keterangannya.

"Ini akan berkembang menjadi display generasi selanjutnya yang bisa mengubah paradigma display yang ada," sambungnya.

Ini bukan display transparan pertama yang dipamerkan LG. Tapi ini merupakan layar transparan pertama dari LG yang dibuat khusus sebagai TV, dan bukan hanya sesuatu yang bisa dilihat di pusat perbelanjaan atau tujuan komersial lainnya.

Saat ini TV transparan ini masih berupa prototipe dan belum diketahui kapan akan mulai diproduksi secara massal atau berapa harganya. Beberapa tahun yang lalu, LG sempat menghebohkan CES setelah memamerkan TV layar gulung pertamanya yang akhirnya dijual di Korea Selatan dengan harga 100 juta Won atau sekitar Rp 1,3 miliar.



Simak Video "Terus Merugi, Bisnis Smartphone LG Gulung Tikar"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)