Apple Hapus 46 Ribu Aplikasi dari App Store China

Apple Hapus 46 Ribu Aplikasi dari App Store China

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 01 Jan 2021 21:00 WIB
App Store
Apple Hapus 46 Ribu Aplikasi dari App Store China. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Sejak awal Januari 2020, Apple mulai menghapus aplikasi dari App Store-nya di China, dan menjelang pergantian tahun 2020 kemarin, mereka kembali menghapus aplikasi dari App Store China.

Jumlah aplikasi yang dihapus itu mencapai 46 ribu, dan 39 ribu di antaranya adalah game. Aplikasi tersebut dihapus bukan karena bermasalah dengan Apple, melainkan bermasalah dengan peraturan yang diterapkan oleh pemerintah China.

Bahkan, ada sejumlah game populer yang ikut dihapus dalam aksi bersih-bersih Apple tersebut, seperti Assassin's Creed Identity dan NBA 2K20. Bahkan menurut Qimai, hanya 74 dari 1500 game paling populer di China yang masih bertahan di App Store.

Aturan pemerintah China yang dimaksud adalah peraturan yang mewajibkan aplikasi berbayar memiliki International Standard Book Number (ISBN), yang dikeluarkan oleh pemerintah China.

Pemberian nomor ini sangatlah ketat karena merupakan bagian dari peraturan penyensoran. Contohnya yang terbaru adalah, kini apa pun yang berkaitan dengan Winnie the Pooh dilarang beredar. Pasalnya karakter ini sebelumnya muncul dalam meme viral, dan dibandingkan dengan Presiden China Xi Jinping.

Namun memang aturan ISBN ini tak berlaku untuk aplikasi gratis, karena itulah sejumlah game populer seperti Call of Duty: Mobile, Honor of Kings, dan Game for Peace (PUBG versi China) tetap bisa beredar.

Apple sendiri sudah memperingatkan para developer terkait peraturan ini sejak Februari 2020. Sejak itu, kabarnya banyak developer yang mengubah aplikasinya menjadi model free to play, alias gratis.

Untungnya, menurut analis dari Niko Partners, 97 dari 100 game dengan pemasukan kotor terbesar di App Store sudah mempunyai ISBN. Jadi seharusnya penghapuskan puluhan ribu aplikasi ini dampaknya mungkin tak terlalu terasa bagi Apple.



Simak Video "Apple Bakal Tendang Aplikasi yang Langgar Fitur Privasi"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)