Bukti Samsung Galaxy S21 Dijual Tanpa Charger Terungkap

Bukti Samsung Galaxy S21 Dijual Tanpa Charger Terungkap

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 08 Des 2020 15:43 WIB
Samsung Galaxy S21
Bukti Samsung Galaxy S21 Dijual Tanpa Charger Foto: Istimewa/OnLeaks
Jakarta -

Beberapa waktu yang lalu muncul rumor bahwa Samsung akan menjual Galaxy S21 tanpa charger dan earphone dalam paket penjualannya. Kini muncul dokumen yang mendukung rumor tersebut.

Bukti tersebut datang dari dokumen sertifikasi untuk seri Galaxy S21 yang diterbitkan oleh badan sertifikasi Brasil ANATEL. Dalam sertifikasi tersebut, ditulis bahwa Galaxy S21, Galaxy S21+ dan Galaxy S21 Ultra tidak akan dijual dengan charger dan earphone.

Bagian dari dokumen tersebut yang diterjemahkan mengatakan ponsel ini tidak akan dijual dengan charger. Tapi ketiga perangkat tersebut telah diuji coba dengan dua charger Samsung dengan model EP-TA800 dan EP-TA800B.

Selain itu, seri Galaxy S21 juga tidak akan dijual dengan earphone, tapi tiga earphone dengan model GH59-15106A, GH59-15107A, dan GH59-15403A disediakan untuk uji coba, seperti dikutip detikINET dari Gizmochina, Selasa (8/12/2020).

Sertifikasi Samsung Galaxy S21Sertifikasi Samsung Galaxy S21 di ANATEL Foto: Gizmochina

Jika benar adanya, langkah Samsung ini cukup ironis mengingat vendor asal Korea Selatan ini sempat mengejek Apple yang tidak menyertakan charger dan earphone di dalam kotak penjualan seri iPhone 12.

Beberapa tahun yang lalu Samsung juga pernah mengejek Apple saat menghilangkan headphone jack di iPhone 7, tapi kemudian mereka mengenalkan Galaxy Note 10 yang hadir tanpa headphone jack.

Tapi perlu diingat bahwa dokumen ini hanya untuk Galaxy S21 di Brasil, jadi kemungkinan hal yang sama tidak akan berlaku di semua negara. Menariknya, regulator Brasil baru-baru ini memerintahkan Apple untuk menjual iPhone dengan charger di dalam kotak penjualannya.

Jika Apple menuruti perintah regulator Brasil, kemungkinan Samsung juga akan dipaksa untuk melakukan hal yang sama, dan mungkin negara lain juga akan menerapkan perintah yang sama.

Samsung diprediksi akan meluncurkan Galaxy S21 lebih awal pada bulan Januari mendatang. Jadi kita tunggu saja apakah benar ponsel ini akan dijual tanpa charger atau tidak.



Simak Video "Kiat Buat Konten Menarik di Samsung Content Creator Class"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)