Samsung Tak Pakai Snapdragon 888, Qualcomm?

Samsung Tak Pakai Snapdragon 888, Qualcomm?

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 02 Des 2020 14:31 WIB
Snapdragon 888
14 vendro yang akan mengadopsi Snapdragon 888. Foto: Qualcomm
Jakarta -

Saat mengumumkan Snapdragon 888, Qualcomm menyebutkan daftar vendor handphone (HP) yang akan mengadopsi chipset anyarnya. Mengagetkan, tidak ada nama Samsung di dalamnya.

Hal tersebut membuat banyak pihak bertanya-tanya kenapa nama Samsung absen dalam daftar padahal raksasa teknologi asal Korea Selatan ini sudah lama bermitra dengan Qualcomm. Apalah Samsung tak lagi memakai Snapdragon dan sepenuhnya menggunakan Exynos untuk mentenagai jajaran handphone flagshipnya?

Teka-teki itu akhirnya coba ditanyakan kepada pihak Qualcomm saat sesi interview Snapdragon Tech Summit 2020 yang berlangsung online.

Senior Vice President and General Manager, Mobile, Compute, and Infrastructure Qualcomm Technologies, Alex Katouzian, mengatakan kalau Samsung adalah salah satu partner yang hebat. Keduanya telah bekerjasama sudah sejak lama.

"Mengenai pilihan mereka, kami tidak bisa berkomentar tentang apa yang dilakukan Samsung. Saya pikir media harus menunggu untuk melihat apa keputusan mereka nanti," ujar Alex.

Snapdragon 888Snapdragon 888 Foto: Qualcomm

Diberitakan sebelumnya Qualcomm resmi mengumumkan Snapdragon 888 pada Selasa malam (1/12/2020). Chipset ini siap mentenagai jajaran handphone (HP) premium flagship Android yang dirilis 2021.

Produsen chip asal San Diego ini menyebutkan 14 vendor yang akan mengadopsi Snapdragon 888 dalam waktu dekat. Ada Asus, Black Shark, Lenovo, LG, Meizu, Motorola, Nubia, realme, OnePlus, Oppo, Sharp, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Fitur Baru Snapdragon 888

Snapdragon 888 5G menyertakan Qualcomm Snapdragon X60 5G Modem-RF System generasi ke-3 , yang akan menawarkan kompatibilitas mmWave dan sub-6 5G di semua band utama di seluruh dunia. Modem ini juga akan mendukung agregasi operator 5G, multi-SIM global, 5G Standalone, 5G Non-standalone, FDD, TDD dan Dynamic Spectrum Sharing.

Chipset ini mencakup Qualcomm AI Engine generasi ke-6 yang baru dengan prosesor Qualcomm Hexagon yang sepenuhnya dirancang ulang.

Mesin AI baru mampu melakukan operasi 26 tera per detik (TOPS), dan akan menawarkan peningkatan kinerja dan efisiensi daya yang signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Platform AI semakin ditingkatkan oleh Qualcomm Sensing Hub generasi ke-2, yang menggabungkan pemrosesan AR selalu aktif berdaya rendah untuk fitur-fitur baru yang intuitif dan cerdas.

Snapdragon 888 juga akan menampilkan generasi ke-3 baru dari Snapdragon Elite Gaming , yang secara signifikan akan meningkatkan kinerja GPU Qualcomm Adreno dari generasi sebelumnya.

Chipset baru ini juga akan menawarkan kinerja fotografi komputasi yang lebih baik , berkat kecepatan gigapiksel Qualcomm Spectra ISP yang lebih cepat. ISP baru akan memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video dengan kecepatan 2,7 gigapiksel per detik atau sekitar 120 foto pada resolusi 12MP, yang lebih cepat hingga 35% dari generasi sebelumnya.



Simak Video "Kiat Buat Konten Menarik di Samsung Content Creator Class"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)