Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 888

Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 888

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 01 Des 2020 22:49 WIB
Snapdragon 888
Snapdragon 888. Foto: Qualcomm
Jakarta -

Qualcomm resmi mengumumkan Snapdragon 888 di Tech Summit Digital 2020. Chipset ini siap mentenagai jajaran handphone (HP) premium flagship Android yang dirilis 2021.

"Snapdragon 888 akan memulai era baru mobile," klaim Alex Katauzian, SVP & GM of Mobile, Compute and Infrastructure Qualcomm Technologies.

Sejumlah peningkatan dibawa chipset penerus Snapdragon 865 ini. Apa saja?

5G Lebih Luas

Snapdragon 888 5G menyertakan Qualcomm Snapdragon X60 5G Modem-RF System generasi ke-3 , yang akan menawarkan kompatibilitas mmWave dan sub-6 5G di semua band utama di seluruh dunia. Modem ini juga akan mendukung agregasi operator 5G, multi-SIM global, 5G Standalone, 5G Non-standalone, FDD, TDD dan Dynamic Spectrum Sharing.

"Ini artinya makin banyak network menghadirkan koneksi yang sangat cepat sehingga kamu bisa menikmati aplikasi favorit dengan baterai yang tahan seharian di mana saja dengan koneksi 5G," ujar Lekha Motiwala, Director Product Management Qualcomm Technologies.

AI

Chipset ini mencakup Qualcomm AI Engine generasi ke-6 yang baru dengan prosesor Qualcomm Hexagon yang sepenuhnya dirancang ulang.

Mesin AI baru mampu melakukan operasi 26 tera per detik (TOPS), dan akan menawarkan peningkatan kinerja dan efisiensi daya yang signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Platform AI semakin ditingkatkan oleh Qualcomm Sensing Hub generasi ke-2, yang menggabungkan pemrosesan AR selalu aktif berdaya rendah untuk fitur-fitur baru yang intuitif dan cerdas.

"Semua peningkatan ini menjadikan Snapdragon 888 lompatan AI terbesar yang pernah ada. Membuat perangkat kamu lebih pintar dan makin cepat," klaim Lekha.

"Membawa cara baru dalam membuat video pada kamera, akselerasi aplikasi sosial media, dan lebih memahami pada hal-hal yang ada di sekitar. Jadi perangkat kamu bisa melakukan banyak hal tanpa kamu menyentuhnya," lanjutnya.

Gaming Makin Seru

Snapdragon 888 juga akan menampilkan generasi ke-3 baru dari Snapdragon Elite Gaming , yang secara signifikan akan meningkatkan kinerja GPU Qualcomm Adreno dari generasi sebelumnya.

"Snapdragon Elite Gaming generasi ketiga membawa peningkatan GPU 35%. Menjanjikan pengalaman gaming yang sangat mulus dengan kualitas HDR dengan kemampuan selevel desktop," kata Lekha.

Fotografi Mumpuni

Chipset baru ini juga akan menawarkan kinerja fotografi komputasi yang lebih baik , berkat kecepatan gigapiksel Qualcomm Spectra ISP yang lebih cepat. ISP baru akan memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video dengan kecepatan 2,7 gigapiksel per detik atau sekitar 120 foto pada resolusi 12MP, yang lebih cepat hingga 35% dari generasi sebelumnya.

"Perpacuan kecepatan dan teknologi ini bakal membuka banyak pengalaman kamera baru. Sebab ketika kamu punya smartphone yang ditenagai Snapdragon 888 kamu memiliki kamera profesional di kantongmu," pungkas Lekha.

14 Vendor

Qualcomm mengonfirmasi 14 OEM yang akan meluncurkan perangkat bertenaga Snapdragon 888 dalam beberapa bulan mendatang. Ada Asus, Black Shark, Lenovo, LG, Meizu, Motorola, Nubia, realme, OnePlus, Oppo, Sharp, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Snapdragon 88814 vendor yang akan menggunakan Snapdragon 888 Foto: Qualcomm


Simak Video "Miliarder Mukesh Ambani Gandeng Qualcomm Garap 5G di India"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)