Wow, Samsung Kembangkan Sensor Kamera Ponsel 600 MP

Wow, Samsung Kembangkan Sensor Kamera Ponsel 600 MP

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 07 Des 2020 13:25 WIB
The logo of Samsung Electronics is seen at its headquarters in Seoul, South Korea, July 4, 2016
Samsung Kembangkan Sensor Kamera Ponsel 600 MP Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji
Jakarta -

Samsung sepertinya benar-benar mengembangkan sensor kamera ponsel 600 MP. Setidaknya berdasarkan bocoran dari tipster Ice Universe di Twitter.

Dalam cuitannya Ice Universe menyertakan gambar yang sepertinya merupakan slide presentasi atau bagian dari dokumen perusahaan yang menuliskan Samsung sedang mengembangkan sensor kamera 600 MP untuk ponsel.

Dokumen tersebut mengatakan Samsung ingin mengembangkan teknologi ini sebagai solusi untuk tren video 4K dan 8K yang akan semakin mainstream. Sensor raksasa ini juga akan bisa menghasilkan video yang di-zoom tanpa mengorbankan kualitasnya.

Sensor kamera 600 MP yang dikembangkan Samsung sepertinya menggunakan pixel 0.8µm dan berukuran 1/0.57 inch, seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (7/12/2020).

Vendor asal Korea Selatan ini sepertinya harus bekerja keras untuk menyesuaikan ukurannya, karena sensor ini akan memakan 12% area ponsel dan menghasilkan tonjolan setebal 22mm.

Sebagai perbandingan, Galaxy Note 20 memiliki ketebalan 8,3mm dengan modul kamera yang tidak begitu menonjol. Modul kamera setebal 22mm tentu akan membuat ponsel terlihat sangat aneh.

Untuk mengatasi masalah dimensi ini, Samsung akan menggunakan teknologi ISOCELL pixel binning andalannya untuk memastikan tonjolan kameranya tidak terlalu besar.

Beberapa bulan yang lalu bos bisnis sensor Samsung Yongin Park pernah mengatakan bahwa perusahaannya ingin membuat sensor kamera yang mengalahkan mata manusia. Sebagai perbandingan, mata manusia diperkirakan memiliki resolusi sekitar 576 MP.

Dalam blog yang ditulis, Park mengatakan meningkatkan jumlah megapixel di kamera tidak semudah yang dibayangkan karena menaruh terlalu banyak pixel akan membuat ukurannya menjadi lebih besar dan mengurangi ukuran pixel individual akan membuat kualitas fotonya buruk.

Park juga mengatakan sensor dengan resolusi setinggi ini memiliki banyak manfaat di luar fotografi mobile, misalnya untuk mendeteksi penyakit yang mengancam dan meningkatkan kontrol kualitas di industri seperti agrikultur.

Tidak akan mengejutkan jika Samsung berhasil mengecilkan ukuran pixel-nya mengingat mereka termasuk vendor pertama yang mengenalkan sensor dengan pixel 0.7µm pada tahun 2019.

Untuk melihat kehadiran ponsel dengan kamera 600 MP tentu kita harus menunggu cukup lama, dan sepertinya kita akan melihat sensor 150 MP dan 250 MP terlebih dahulu. Saat ini, kita hanya bisa menggunakan kamera 108 MP yang akan kembali digunakan oleh Galay S21.



Simak Video "Samsung: Kontribusi Ponsel 5G di Indonesia Sudah Capai 16%"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)