Tips Memilih Kabel Charger HP

Serba-serbi Baterai HP

Tips Memilih Kabel Charger HP

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 22 Nov 2020 17:16 WIB
Ngecas HP di mobil
Ilustrasi kabel charger HP
Jakarta -

HP yang beredar di pasaran semakin bervariasi, dengan teknologi charger yang bermacam juga, yang artinya charger HP dan kabel charger buatan pihak ketiga yang beredar pun semakin banyak jenisnya.

Sebenarnya, menggunakan charger dan kabel bawaan dari pabrik adalah pilihan terbaik dan paling aman untuk pengguna untuk mengisi daya baterai ponsel. Namun, jika pengguna mempunyai beberapa perangkat sekaligus dengan teknologi charging yang berbeda, maka charger dan kabel buatan pihak ketiga mungkin jadi opsi yang lebih baik.

Sayangnya tak semua charger dan kabel buatan pihak ketiga punya kualitas yang sama. Bagaimana sih cara memilih kabel charger HP yang bagus? Berikut tips memilihnya.

Jangan Beli yang Murahan
Berbicara kualitas biasanya selalu dibarengi dengan harga yang mahal. Ada rupa ada harga. Banyak sekali kabel charger yang tersedia dengan harga murah, tapi hal yang lazim terjadi adalah produk tersebut tidak memiliki kualitas yang bagus. Biasanya dalam jangka waktu yang singkat kabel charger tersebut mulai bermasalah.

Ditandai dengan kadang kabel charger HP tidak berfungsi saat posisinya bergeser. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya membeli kabel charger dengan harga yang agak mahal, selama produknya memang asli dan dari merek yang sudah dikenal bagus. Anda bisa menganggap ini sebagai sebuah investasi jangka panjang.

Diameter Bukan Segalanya
Ada anggapan bahwa semakin tebal diameter kabel charger maka semakin awet. Padahal semuanya tergantung kualitas material yang digunakan pada coating atau material pembungkus kabel.

Sebagian dari Anda pasti pernah menemukan kabel charger yang tebal tetapi mudah terkoyak akibat gesekan dengan benda tumpul seperti tepian meja kerja atau tergilas roda kursi kantor.

Perhatikan Bahan Pelindung
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, coating merupakan lapisan material pelindung terluar dari kabel. Secara visual ada beberapa jenis coating yang bisa dikenal karet PVC, kulit sintetis, nilon, dan fiber kevlar.

Coating harus memiliki material yang tidak mudah terkoyak atau putus serta tahan air karena material ini harus melindungi kabel ini di bagian dalamnya. Bagi Anda yang selalu mempertimbangan tampilan luar atau estetika kini sudah banyak kabel charger HP yang memiliki lapisan coating dengan beragam warna dan corak.

Halaman selanjutnya: fitur tambahan...