Update macOS Big Sur Bikin MacBook Pro Lawas Rusak

Update macOS Big Sur Bikin MacBook Pro Lawas Rusak

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 18 Nov 2020 10:15 WIB
macos big sur
Update macOS Big Sur Bikin MacBook Pro Lawas Rusak Foto: Apple
Jakarta -

Apple mulai menggulirkan update macOS Big Sur pada 12 November lalu. Tapi beberapa pengguna MacBook Pro lawas menemukan sistem operasi baru ini membuat perangkat mereka rusak.

Beberapa pengguna MacBook Pro 13 inch keluaran tahun 2013 dan 2014 mengeluhkan update ini membuat layar laptop mereka berubah menjadi hitam saat proses instalasi, dan pengguna tidak memiliki cara untuk memperbaikinya sendiri.

Masalah ini pertama kali dilihat oleh situs MacRumors yang menemukan keluhan pengguna terkait layar hitam saat instalasi Big Sur di forum situsnya, Reddit dan situs dukungan Apple.

Dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (18/11/2020) pengguna MacBook Pro lawas melaporkan perangkatnya hanya menampilkan layar hitam saat proses update macOS Big Sur.

Kombinasi tombol untuk reset, termasuk NVRAM, SMC, safe mode dan internet recovery dilaporkan tidak bisa diakses setelah pengguna mencoba menginstal update tersebut, sehingga pengguna tidak bisa mengatasinya sendiri.

Sebagian besar pengguna yang mengalami masalah ini adalah pemilik MacBook Pro 13 inch keluaran akhir 2013 dan pertengahan 2014, tapi belum diketahui berapa banyak pengguna yang terdampak. Perlu diketahui juga, dua model MacBook Pro ini adalah model tertua yang masih mendukung macOS Big Sur.

Saat diluncurkan, macOS Big Sur memang memiliki sejumlah isu karena permintaan yang tinggi dan memperlambat server Apple. Hal ini menyebabkan beberapa perangkat Mac baru menjadi lambat karena ada fitur yang harus memverifikasi dengan Apple bahwa aplikasi tidak memiliki malware sebelum dijalankan.

Masalah server ini juga membuat beberapa pengguna kesulitan mengupdate macOS Big Sur. Saat mencoba untuk membuka installer, perangkat mereka justru menampilkan pesan error.

Karena masalah layar hitam ini, pengguna MacBook Pro jadul sebaiknya menunggu beberapa minggu sampai Apple sudah menambal celahnya baru menginstal macOS Big Sur.



Simak Video "Pesona MacBook Air dan Pro yang Diklaim Makin Ngebut"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)