Mau Bikin Mac dengan Layar Sentuh, Apple?

Mau Bikin Mac dengan Layar Sentuh, Apple?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 16 Nov 2020 20:11 WIB
Apple resmi merilis MacBook Air dan MacBook Pro 13 inch. Menariknya kedua perangkat ini menjadi laptop pertama yang ditenagai chipset M1.
Foto: Apple
Jakarta -

Apple sudah pernah memastikan kalau perangkat Mac tak akan menggunakan layar sentuh. Namun App Store untuk Mac malah menunjukkan keberadaan perangkat dengan layar sentuh.

SVP of Software Engineering Apple Craig Federighi pernah menolak mentah-mentah rumor yang menyebut bakal ada Mac dengan layar sentuh. Menurutnya Apple sama sekali tak pernah mempertimbangkan Mac dengan layar sentuh.

Namun, dalam App Store untuk Mac malah ada animasi yang menunjukkan gerakan tangan manusia menyentuh layar dan berinteraksi dengan menu, yang terlihat seperti tampilan antarmuka sistem operasi macOS.

Hal inilah yang memicu perdebatan di Twitter, mengenai kemungkinan adanya perangkat Mac dengan layar sentuh. Terutama setelah Louie Mantia Jr, memposting animasi tersebut di akun Twitternya, yaitu @Mantia.

Namun kemunculan animasi di App Store tersebut tak berlangsung lama, karena kini tampaknya Apple sudah menghapus animasi tersebut dan menggantinya dengan gambar diam tanpa tangan manusia.

Meski begitu, keberadaan Mac dengan layar sentuh mungkin sebenarnya cukup masuk akal. Yaitu karena Apple merilis jajaran perangkat Mac dengan Apple M1, sebuah chip ARM, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (16/11/2020).

Artinya, kini Mac menggunakan chip dengan arsitektur sama dengan perangkat iOS, dan Mac dengan Apple M1 juga bisa menggunakan aplikasi iOS. Namun masalahnya, aplikasi iOS dibuat untuk perangkat dengan layar sentuh, sementara dengan Mac yang ada saat ini, sama sekali tak ada yang menggunakan layar sentuh.



Simak Video "Apple Bakal Bikin Siri Berbahasa Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)