MacBook Air Baru Lebih Kencang Dibanding MacBook Pro 16

MacBook Air Baru Lebih Kencang Dibanding MacBook Pro 16

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 13 Nov 2020 06:14 WIB
Apple M1
Foto: Dok. Apple
Jakarta -

Apple melontarkan berbagai klaim menggiurkan soal jajaran Mac baru mereka yang memakai Apple M1, namun klaim tersebut tak dilengkapi data teknis yang mendukung.

Sehari setelah peluncuran tersebut, hasil benchmark dari MacBook Air baru yang memakai Apple M1 itu muncul, dan skornya lebih tinggi dari MacBook Pro 16, yang notabene merupakan seri MacBook yang spesifikasinya paling tinggi.

Dalam skor benchmark GeekBench yang tersebar itu, MacBook Air dengan Apple M1 menyalip MacBook Pro 16 2019 yang memakai Intel Core i9. Selisih skornya pun terpaut sangat jauh dalam hal single core.

Dalam tes single core, MacBook Air-nya mendapat skor 1687 dan multi core-nya mendapat skor 7433. Sementara MacBook Pro 16 skor single core-nya 'hanya' 1096 dan skor multi core-nya 6870.

Namun perlu diingat, ini merupakan uji sintetis terhadap CPU. Belum terungkap bagaimana kinerja GPU Apple M1 jika dibanding GPU diskrit AMD Radeon yang dipakai di MacBook Pro 16, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (12/11/2020).

Ada hal lain juga yang harusnya menjadi pertimbangan selain skor benchmark yang lebih tinggi. Seperti kompatibilitas aplikasi, karena developer harus mengubah aplikasi yang sebelumnya dibuat untuk platform x86/x64 yang dipakai di jajaran Mac lama, menjadi aplikasi untuk ARM yang dipakai di Apple M1.

Namun Apple menjanjikan kalau sejumlah aplikasi penting seperti Adobe Photoshop, Lightroom, DaVinci Resolve, Cinema 4D dan lainnya dipastikan akan hadir di Mac dengan Apple M1.

Apple pun sempat memamerkan sejumlah game yang bisa dimainkan di Mac anyar tersebut, seperti Baldur's Gate 3, Beyond a Steel Sky, dan Subnautica: Below Zero.

Ditambah lagi aplikasi yang berasal dari App Store untuk iOS, seperti game Among Us, aplikasi ilustrasi Procreate, dan layanan streaming HBO Max.



Simak Video "Pesona MacBook Air dan Pro yang Diklaim Makin Ngebut"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)